Makhluk Ciptaan Allah yang Paling Sempurna

Annisa Arif Rizqiani

Ini aku. Tinggi badan rata-rata, kulit nggak putih, gampang gerah kalau berambut panjang, pinggul lebar, betis kayak pelari handal, dan telapak kaki sudah sering merusak sepatu karena bagian depannya lebar.

Yang ini, jelas bukan aku. Tinggi badan di atas 160cm, rambut panjang terurai, pinggulnya kecil, betis ramping dan kaki mungil, jadi kelihatan bagus kalau pakai stiletto atau open toe. Itulah body image sempurna yang digambarkan banyak orang. Digambarkan oleh Mattel dalam sosok Barbie, digambarkan para fashion designer dalam sketch model mereka, dan digambarkan para pria dalam bayangannya. Tapi, aku nggak mengikuti gambaran itu, karena pandanganku tentang cantik ideal bukan begitu.

Pandanganku tentang tubuh sempurna berubah ketika aku menjadi ibu. Aku begitu bersyukur dengan pinggul lebar dan betis besar. Ternyata untuk dapat melahirkan normal butuh pinggul yang lebar. Ternyata untuk mampu menggendong bayi 9 kg butuh betis yang kuat. Ternyata rambut panjang justru rontok setelah lahiran. Ternyata high heels dengan bagian depan yang lancip memang tak baik untuk kesehatan, wedges dan flat shoes lebih baik untuk jadi pilihan.

Aku cantik, paling tidak ada 3 orang yang mengakuinya. Orangtuaku dan suamiku. Meski tidak secantik Dian Pelangi yang terlihat oke menabrakan beberapa warna. Meski tidak seimut Restu Anggraini yang cocok pakai baju apa saja. Tapi, satu hal yang aku syukuri adalah: Aku Percaya Diri dengan Apa yang Sudah Allah Beri. Aku tidak harus berusaha diet hanya untuk meniruskan pipiku atau mengecilkan pahaku. Aku tidak menggunakan editor foto agar terlihat semulus Barbie di media sosial. Karena yang aku tahu, Allah sudah memberikan bentuk yang sempurna padaku.

Buat kamu yang masih berpikir bahwa definisi cantik adalah sosok Taylor Swift atau Audrey Hepburn, aku ingin mentransfer body image positif dengan 5 cara ini.

Percaya Diri

Lihat para model, mereka berjalan dan memakai item fashion dengan oke. Karena apa? Karena mereka percaya diri bahwa mereka terlihat oke. Orang-orang melihat jerawatmu yang berada tepat di atas hidung? Bilang aja "Ini bukan jerawat, tapi daya tarik". Ada yang menyebut pahamu besar karena penuh lemak? Bilang aja "Ini bukan lemak, ini adalah kekuatan". Ubah semua hal negatif dalam diri kita menjadi hal positif. Sehingga kita nggak melulu melihat nila setitik yang ada. 

Gunakan Fashion dan Makeup yang Sesuai

hijup.com

Cantik banget ya model-model yang ada di HijUp.com? Iya, selain karena mereka PD, mereka juga memakai fashion dan makeup yang sesuai dengan tubuhnya. Baju pertama, Dakkar Dress Ria Miranda belum tentu cocok kalau aku pakai, karena warna pink justru akan membuatku terlihat gelap. Tapi dengan dress ketiga, Dubia Dress KIVITZ berwarna cream atau dress keempat, Elysia Jebaya, aku bisa terlihat oke (Buat suamiku: Ini Kode Lho). Tentunya kita harus menyesuaikan apa yang kita pakai. Se-PD apapun kita kalau pakai baju kekecilan atau terlalu lebar, justru aneh kelihatannya. Untung baju-baju di HijUp.com ini menyediakan ukuran dari S sampai XL.

Inner Beauty, the Real Definition of Beauty

Siapa pun pasti setuju kalau kecantikan hati akan terpancar dari wajah yang ceria dan senyum yang indah. Percuma aja wajahnya merona kalau banyak orang yang nggak mau dekat-dekat karena nggak suka sama perilakunya. Jadilah baik, maka semua akan setuju bahwa kamu cantik.

Setiap Wanita itu Berbeda, Jadilah Diri Sendiri



Sumber: hijup.com/magazine


Sumber: hijup.com/magazine












Mana yang lebih cantik antara Zaskia Adya Mecca dan Zaskia Sunkar? Kedua Zaskia ini sama-sama cantik, tapi jenis cantik mereka berbeda. Begitu juga dengan banyak perempuan di dunia, sebut saja Queen Rania, Kim Kardashian, Dian Sastrowardoyo, Oki Setiana Dewi,  dan aku (Ehm, kan harus PD). Siapa sih yang paling cantik di antara mereka? Mereka semua, aku dan kamu cantik semuanya. Karena definisi cantik itu berbeda, semua wanita itu diciptakan berbeda dan cantik. Termasuk kamuuuu. Aku juga (haha, tetep ya PD abis). So, jadilah diri sendiri dengan definisi cantik yang sudah ada dalam diri.

Bersyukur dan Katakan "Kamu Adalah Makhluk Ciptaan Allah yang Paling Sempurna"

Pada akhirnya aku menemukan body image sempurna dalam diriku. Hidungku yang pesek ini bisa bernapas sepuasnya. Pinggul yang lebar ini membuatku bisa melahirkan normal. Telapak kakiku yang lebar ini membuatku dapat berdiri dan berjalan di muka bumi. Bersyukurlah dengan apa yang telah Allah beri, karena yang kita miliki berfungsi dengan baik. Cobalah bercermin dan katakan pada dirimu "Kamu Adalah Makhluk Ciptaan Allah yang Paling Sempurna".

13 komentar:

  1. Bener, kadang kita kurang bersyukur atas apa yang Allah beri, padahal Allah lebih tahu apa yang kita butuhkan daripada yg kita inginkan. Salam hangat dari Semarang ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, intinya sih bersyukur dan menikmati apa yang udah Allah beri.. Salam balik dari Tangerang..

      Hapus
  2. iya setiap wanita berbeda, jadi cantiknya juga berbeda-beda, gak bisa dong kalau semua wajahnya sama kayak artis-artis korea yang mirip semua hehehe
    jadi percaya aja deh dengan diri sendiri, dengan keunikan sendiri
    manusia memang tidak ada yang sempurna, tapi percayalah kalau Allah menciptakan kita dengan sempurna ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau definisi cantik itu kayak artis Korea, berarti definisi cantik itu harus berdarah-darah, buatan manusia, dan sama kayak orang lain..
      Wanita yang unik, pastinya beda cantiknya..

      Hapus
  3. Cantik banget deh.. Intinya sih gak usah mau ini itu, kesederhanaan membuatmu lebih mulia.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yupz, cantik itu ada 2 jenis: Cantik alami dari wajah dan hatinya, dan cantik buatan entah itu oplas atau editan.. Pastinya cowok juga maunya sama wanita yang sederhana dan nggak neko-neko, iya nggak?

      Hapus
  4. Hai kak salam kenal!
    waktu baca postingan ini dan di atas ada kata kata pinggul lebar, betis kayak pelari handal, dan telapak kaki sudah sering merusak sepatu karena bagian depannya lebar. Itu aku merasa aku menemukan kemiripan di antara kita. Hahaha.

    Tapi yap kita harus bersyukur sama semua itu ya karena pada dasarnya manusia adalah ciptaan Allah yang paling sempurna <3

    Oh ini ikut blog competition yak ? mau ikutan juga dong

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha, ternyata bukan cuma aku ya yang sepatunya sering rusak karena kaki lebar..
      Saking sempurnanya ciptaan Allah, semua diciptakan unik dan beda, kalau hasil oplas mah buatan manusia mirip semua..
      Iya, ikutan juga yuk, kayaknya sampai hari ini deh..

      Hapus
  5. bersyukur bgd dah pokoknya ya mbk atas apa yg tlh Allah kasih utk kita. Krn pasti itu yg trbaik utk kita. sukses lombanya yak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Even secantik apapun lahirnya, kalau jiwanya gak bersyukur tetep aja merasa kurang.. Makasih supportnya maak..

      Hapus

  6. "Ini aku. Tinggi badan rata-rata, kulit nggak putih, gampang gerah kalau berambut panjang, pinggul lebar, betis kayak pelari handal, dan telapak kaki sudah sering merusak sepatu karena bagian depannya lebar."

    --------

    Duh..

    BalasHapus
  7. Alhamdulillah....
    Banyak teman-teman saya yang merasa dirinya jelek padahal menurut aku cantik cuma dia gak percaya diri saja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harus banyak diingatkan supaya bersyukur dan melihat ke bawah..hehe

      Hapus

Terima kasih Sudah Berkunjung. Silakan Tinggalkan Jejak, dan Beri Masukan Untuk Kemajuan :)

Google+ Followers