Tips dan Trik Melanjutkan Mimpi

Tips dan Trik Melanjutkan Mimpi

Melanjutkan mimpi? Emangnya bisa?


Kamu pernah mimpi dengan akhir yang menggantung? Atau mimpi nyaris mendapatkan sesuatu tapi keburu terbangun? Atau berusaha bangun dari mimpi buruk tapi susah?

Aku baru sadar dengan keanehanku ini, yaitu mengatur mimpi dan melanjutkan mimpi. Awalnya aku sadar dengan kemampuan ini saat mimpi jadi Alice in the Wonderland, di dalam mimpi aku terluka, ternyata pas bangun tanganku juga ada bekas luka baru (sepertinya aku mencakar). Agak aneh, aku nanya sama temanku, katanya aku bisa lucid dream. Yang artinya aku tahu kalau aku sedang mimpi dan aku bisa mengendalikan mimpiku. Bisa melanjutkan mimpi, bisa mengatur arah mimpi, dan bisa menghentikan mimpi. Kemampuan ini nggak tiap saat ada. Kalau sehari-hari aku lagi capek, aku sering bisa melanjutkan mimpi. Kalau lagi insomnia, aku bisa menghentikan mimpi yang nggak aku suka, terus bangun, terus dilanjutin lagi dengan mimpi yang lain.

So, aku ingin membagikan tips dan trik mengatur mimpi yang sering aku lakukan. Kamu juga bisa melakukannya, dengan syarat kamu pernah punya pengalaman mengatur mimpimu sendiri.

Melanjutkan mimpi

Syaratnya: Setelah bangun dari tidur, kamu hafal dengan jelas alur mimpi sebelumnya.

Caranya:
  1. Setelah bangun dari tidur, kamu ingat-ingat alur mimpi kamu sebelumnya.
  2. Kalau perlu dicatat. (FYI, aku punya jurnal khusus mimpi yang akhirnya bikin kemampuan melanjutkan mimpi lebih mudah). Kalau mau melanjutkan mimpi segera setelah terbangun, lebih mudah.
  3. Tidur dengan nyaman sambil membayangkan mimpi yang sebelumnya.
  4. Reka ulang kejadian di mimpi sebelumnya dalam pikiran kamu, sampai akhirnya tidur lelap dan mendapatkan lanjutan mimpi sebelumnya.
Contohnya waktu aku mimpi masuk dunia Hunger Games. Karena pertarungannya belum selesai dan ingin dilanjutkan, sengaja aku tidur lagi. Aku cuma memejamkan mata, sambil ngebayangin kejadian di mimpi pertama. Aku naik kapal boat ditinggalin ke suatu pulau, ada prajurit lain muncul dari dalam air, ada yang muncul dari lahar gunung meletus, terus pulau yang aku injak mulai mengecil, dan aku mulai tidur lelap sampai akhirnya melanjutkan mimpi dan aku melemparkan tali ke pulau di depan sana terus rappeling dengan tangan dan kaki, dst.

Kemampuanku melanjutkan mimpi meningkat setelah sering mencatat mimpi. Akhirnya beberapa mimpi yang tercatat sering diimpikan lagi. Jadi kayak deja vu dalam mimpi.

Menghentikan mimpi

Yang ini aku bingung menjelaskannya gimana. Karena aku juga cuma bisa menghentikan mimpi yang buruk aja. Siapa juga yang mau menghentikan mimpi indahnya?

Contohnya waktu aku mimpi main petak umpet sama temenku dan bersembunyi di tangga basement. Aku pengen membuka pintu di atasnya tapi terkunci, sedangkan temanku yang giliran jaga mulai datang, dia berubah jadi zombie, dia mulai merangkak naik mendekat. Aku terjebak. Bukannya mendorong pintu lebih kuat, aku malah berpikir "Ah, ini kan mimpi, tinggal bangun aja". Akhirnya aku bangun dengan badan keringatan. Biasanya aku melanjutkan tidur, tapi datang mimpi yang lain.
"Ternyata aku masuk faksi Divergent!"

Mengatur mimpi

Syaratnya: Kamu nggak boleh tidur terlalu lelap. Mimpi semi terjaga, if I may say.

Caranya: 
  1. Setelah masuk ke dunia mimpi, pikiran kamu harus sadar bahwa kamu ada di dalam mimpi.
  2. Pegang sesuatu yang kau lihat di dunia mimpi, kontrol sesuka kamu benda itu mau diapain.
Contohnya waktu aku mimpi janjian sama adikku. Aku tiba-tiba ada di sebuah rumah, pas ada HP yang bunyi, di dalam mimpi aku langsung sadar kalau aku sedang mimpi. Aku ambil aja HP-nya dan aku angkat teleponnya. Setelahnya, aku janjian di pasar (di sini aku nggak bisa mengatur mimpi). Pas di pasar aku beli makanan yang aku suka, otak-otak, keju, dan ice cream tanpa bayar.

Ada banyak contoh mimpi lain yang bisa aku atur. Contohnya pas aku jatuh ke jurang, aku tinggal bangun aja karena tahu ranting yang pegang bakal patah. Atau pas mimpi tinggal di Lembang, malamnya aku melanjutkan jalan-jalan di halaman cottage yang luaaaas banget. Pernah juga aku seenaknya nampar orang yang aku nggak suka di dalam mimpi.

Inti dari tips dan trik mengatur mimpi ini adalah: Kamu harus sering-sering mencatat mimpi setalah bangun dari mimpi. Mungkin cara kerjanya adalah: Saking seringnya kamu mengingat kejadian di mimpi itu, makin terasa seperti nyata. Akhirnya, kejadian itu terbawa ke dalam mimpi lagi. Tapi, yang terpenting adalah, setelah mimpi aku masih bisa bangun lagi. Seindah apapun mimpi, aku masih ingin melanjutkan kehidupan nyataku.

Tapi, kembali lagi pada Sang Pemberi Mimpi. Nggak setiap mimpi bisa diatur seenak kita, cuma kadang-kadang aja. Wallahu 'alam. 

4 komentar:

  1. Hihihi kalau mimpinya buruk gak mau nglanjutin deh :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau mimpinya buruk, tinggal buru-buru bangun terus shalat tahajud..ehm..

      Hapus
  2. Barusan kebangun karena mimpi buruk. Serem. Horor bangat....
    hiiiii....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Justru kalau mimpi horor biasanya kerasa lebih nyata, bangun biasanya udah keringatan aja

      Hapus

Terima kasih Sudah Berkunjung. Silakan Tinggalkan Jejak, dan Beri Masukan Untuk Kemajuan :)

Google+ Followers