Sukses Membuat Bawang Giling Instan Tahan Lama


Sebagai ibu bekerja yang tetap harus masak, kita dituntut harus bisa gesit pada urusan dapur. Beberapa yang saya lakukan untuk menyiasati masalah dapur yang lumayan menyita waktu adalah menyiapkan bumbu instan, menggunakan lada dan ketumbar bubuk, dan mengatur penempatan alat-alat dapur. Untuk urusan bumbu instan, ada baiknya kita membuat sendiri. Soalnya kalau melihat mesin penggilingan bumbu di pasar itu kayaknya kurang meyakinkan aja. Selain untuk menjamin bahwa bumbu yang kita konsumsi sudah bersih, juga dibuat dari bahan-bahan terjamin dan tidak ada bahan campuran.

Masalah yang timbul saat membuat bumbu instan adalah ketahanan yang kurang lama. Berkaca dari bumbu instan buatan ibu mertua dan cabai giling yang sudah saya buat di postingan sebelumnya yang bisa tahan sampai 1 bulan di kulkas, saya juga membuat bawang giling instan yang tahan lama hanya dengan tambahan minyak goreng dan garam.

Cara sukses membuat bawang giling instan tahan lama adalah:

  • Ambil bawang merah dan bawang putih dengan perbandingan 2 siung : 1 siung.
  • Kupas kulit bawang lalu cuci hingga bersih.
  • Rajang kasar.
  • Blender dengan minyak dan garam secukupnya.

Resep rahasia untuk menjadikan bawang giling ini tahan lama adalah minyak dan garam. Setelah bawang diblender cukup halus, simpan di wadah yang rapat lalu taruh di kulkas. Dengan cara ini bawang giling yang kita punya bisa tahan sampai 1 bulan. Tapi sampai 6 minggu juga masih aman koq pas saya coba.

Tips membuat Bawang Giling Instan Tahan Lama:

  • Untuk menghindari mata perih saat merajang bawang, taruhlah potongan tomat di sampingnya. Aku lupa pernah baca darimana, katanya zat pada tomat ini bisa menyerap cairan yang keluar saat kita mengiris bawang. Aaaand, it works!!
  • Untuk memperpanjang usia bawang giling yang kita punya, kita bisa menyimpannya di dalam freezer. Tapi, ketajaman rasa bawang ini akan sedikit berkurang setelah mengalami pembekuan. Tapi cara ini bisa dicoba sebagai usaha penimbunan bawang menghadapi kenaikan harga.
  • Perbandingan 2 siung bawang merah : 1 siung bawang putih berdasarkan tips dari Chef Nchank Tamberang. Rasa yang dihasilkan dari perbandingan ini sudah pas untuk nyaris semua masakan. Kalau mau dipisah antara bawang merah giling dan bawang putih giling gak apa-apa juga, tapi nambah waktu masak tentunya. <<-- Orangnya pengen simpel.

Inilah penampakan bawang giling yang bersanding dengan cabai giling di dalam kulkas... Warnanya akan berubah menjadi kehijauan setelah dibuka dan ditutup berkali-kali. But it's okay koq..


Selamat mencoba dan semoga bermanfaat ya..
Semoga acara memasaknya lebih cepat dan enak. 😀😀

4 komentar:

  1. Bagus nih sharing artikelnya, lagi nyari-nyari cara gmn biar bawang giling awet lama.
    Soalnya yang udah-udah cepet banget rusak dari segi rasa n bau

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini emang tips asli dari ibu mertua yang orang Minang, jadi terjamin keaslian n ketahanannya..

      Hapus
  2. Mba mau nanya, kan kmarin habis giling bawang putih n klamaan dnprosesnya jadi warnanya hijau setoples, apa bawangnya masi bisa d gunakan dan d simpan d kulkas?

    BalasHapus
  3. Mba mau nanya, kan kmarin habis giling bawang putih n klamaan dnprosesnya jadi warnanya hijau setoples, apa bawangnya masi bisa d gunakan dan d simpan d kulkas?

    BalasHapus

Terima kasih Sudah Berkunjung. Silakan Tinggalkan Jejak, dan Beri Masukan Untuk Kemajuan :)

Google+ Followers