Tips dan Trik Lulus USM STAN 2017

Tips dan Trik Lulus USM STAN
PKN STAN, sumber: stan.ac.id

Tips dan Trik Lulus USM STAN bertebaran dimana-mana. Tapi, sebagai alumni STAN yang pengen adik-adik kelasnya juga masuk STAN, dulu aku pernah bikin note di Facebook tentang Tips dan Trik Lulus USM STAN. Sebagai alumni STAN yang udah selamat dari USM dan ujian DO 6 kali, sekarang aku tulis tipsnya di blog ini deh, semoga bermanfaat...

Ini tips dan trik masuk STAN versi Annisa Arif Rizqiani:

A. Tips Sebelum Pendaftaran:

  • Ketahuilah terlebih dahulu tentang STAN (Sekarang PKN STAN bisa dilihat di www.stan.ac.id).
  • Jika anda ingin sekolah kedinasan tapi tidak suka keuangan, masih ada STIS(Sekolah Tinggi Ilmu Statistik, bergerak di bidang Statistik), STSN(Sekolah Tinggi Sandi Negara, bergerak di bidang eksekutif negara), IPDN(Bergerak di bidang pemerintahan), Akabri(Kemiliteran), AKIP ato cari deh yang lainnya.
  • Beli buku soal-soal USM STAN dan mencari kiat jitu dalam menyelesaikannya.
  • Berlatihlah mengerjakan soal, dan berpaculah dengan waktu (Orang cerdas yg tidak biasa berlatih akan kalah dibandingkan orang yang biasa berlatih dan mengenal medan).
  • Cobalah berlatih mengenai pola angka, penalaran, skolastik, aritmetika, dan grammar.

B. Tips saat pendaftaran:

  • Lengkapi persyaratan jauh hari sebelum penyerahan berkas.
  • Buatlah checklist apa saja yang harus dibawa saat pendaftaran dan cek ulang sebelum berangkat, dan saat di tempat pendaftaran.

C. Tips memilih jurusan:

  • Nah, disinilah berlaku hukum Penawaran dan Permintaan. Semakin banyak jumlah penawaran, semakin besar peluang untuk bisa “goal”.
  • Pilihlah jurusan dengan jumlah penawaran yang terbanyak. dengan kata lain yang jumlah penerimaannya besar. Jurusan Akuntansi membutuhkan banyak orang (Waktu aku masuk STAN 2009, dibutuhkan sekitar 1000 orang untuk jurusan Akuntansi, tahun selanjutnya dibutuhkan 1500an), permintaan terbanyak lainnya jurusan Perpajakan.
  • Para Peserta diberikan 4 pilihan. Kalau dulu aku milihnya 1. Akuntansi, 2. Kebendaharaan Negara, 3.PPLN, 4. PBB. Tapi dasar nasib, pas kerja malah milih penempatan Bea Cukai, hahaha.
  • Bagi rekan-rekan yang kuat dalam berhitung disarankan untuk masuk ke jurusan Akuntasi Pemerintahan atau Perpajakan, sedangkan bagi rekan-rekan yang sangat kuat hafalannya bisa menyalurkannya di jurusan Kebendaharaan Negara ataupun di jurusan Pengurusan Piutang dan Lelang Negara (PPLN). 
  • Jangan lupa pakai baju kemeja dan rapi-sopan saat melakukan pendaftaran dan penyerahan berkas2nya.

Untuk dicamkan...

Jurusan di STAN tidak mengenal passing grade. Banyaknya mahasiswa yang lolos ditentukan oleh kebutuhan pegawai Kemenkeu saat itu. Ingat saat ada moratorium PNS? Makanya saat masa itu STAN nggak buka penerimaan. Tapi ketika permintaan pegawai tinggi, maka mahasiswa yang diambil juga banyak.

Kalau untuk mahasiswa yang dipilih, berdasarkan sekian ribu nilai teratas langsung diambil. Misal begini, jumlah pendaftar ada 150.000. Ketika dibutuhkan 2.000 mahasiswa baru, langsung diambil 2.000 orang yang nilainya paling tinggi. Nilai-nilai teratas berhak menempati spesialisasi yang dia pilih, sampai kuota spesialisasinya terpenuhi, maka yang nilainya ada di bawahnya, berhak menempati spesialisasi pilihan keduanya, begitu seterusnya. CMIIW.

IMHO, perempuan harus memiliki nilai yang lebih tinggi, karena permintaan laki-laki lebih banyak. Sehingga bisa dilihat walaupun pendaftar USM lebih banyak wanita, tapi yang diterima lebih banyak laki-laki. See why? Mungkin sistem penerimaan STAN juga memperhitungkan kuota perempuan dan laki-laki.

D. Tips mengerjakan soal saat USM:

  • Jangan melakukan kecurangan apapun. Curang di USM, cikal bakal menyontek setelah di STAN. Yang jadi cikal bakal DO atau korupsi setelah kerja di Kemenkeu.
  • Karena dikenakan sistem mati, kerjakanlah soal Bahasa Inggris terlebih dahulu sekitar 25 soal yang kalian anggap yakin (karena klo TPA dulu, pasti bakal banyak lama di bagian hitungan, mengakibatkan keasyikan hingga lupa masih ada soal B. Inggris) Lalu kerjakan soal TPA.
  • Ingat! Benar +4, salah -1, tidak diisi 0. Jagan coba" untuk menembak jawaban yang anda rasa tidak yakin.
  • Klo dirasakan terdapat 2 jawaban yang memungkinkan, silakan tembak dengan hati. Tapi kalau ada 3 jawaban yang memungkinkan, skip aja deh daripada salah.
  • Bagi yang kuat hitungan, lewati terlebih dulu soal yang berkaitan dengan teks. Ini aku banget, males baca teks panjang.
  • Lewati dulu soal hitungan yang teksnya panjang (karena kita akan lebih lama untuk mencerna maksud soal, buang waktu!!)
  • Lewati dulu soal yang pendek tp dirasakan lama untuk perhitungannya!! (Contohnya: 56,342*43,662 =..., silakan hitung secara manual,,panjang bo!! Kan nggak pakai kalkulator.)
  • Di USM 2009 terdapat 20 soal penalaran, jika benar semua poin anda +80, banyak-banyaklah berlatih sebelumnya.
  • Kerjakan kembali soal B. Inggris, jika dirasakan tidak suka soal teks, gak usah dikerjakan (Tapi lihat lagi di bagian soal teks, ada soal sinonim atau mengisi kata dengan grammar yang tepat)
  • Kalau aku, urutan ngerjain soal USM STAN-nya kayak gini: TPA (Antonim, Sinonim, Aritmatika Dasar), Penalaran, Grammar, Balik ke TPA yang belum diisi, terakhir soal yang teksnya panjang.
  • Lingkari jawaban dengan memasrahkan segalanya kepada Sang Ilahi sambil bilang "Bismillahirrahmanirrahiim", yakinlah itu jawaban yang terbaik. Karena walaupun jawaban kita benar,, tapi Allah bisa saja membelokan tangan kita ke jawaban yang salah.

E. Setelah beres USM STAN:

  • Lembaran-lembaran telah tertutup, semua jawaban anda telah terkunci, gak bisa diubah lagi. Berdoalah!! Ada waktu 1 bulan untuk berdoa.
  • Simpan baik-baik Bukti Peserta Ujian anda. Karena ada orang yang lulus, ternyata gugur karena BPUnya hilang.
  • Camkan! Orang yang bisa masuk STAN itu:
1. Orang-orang yang rajin (Seperti kebanyakan temanku dari Jawa, makanya Jawa jadi bahasa kebangsaan d STAN).
2. Orang-orang beruntung dan emang udah rejekinya. 
3. Orang-orang yang kuat doa. Yang rajin shalat sunnahnya, tambahin juga shalat malamnya, tambahin juga puasanya, jangan lupa minta do'a sama orang-orang terdekat. 
4. Yang terakhir, orang yang pinter banget dan emang nggak pakai belajar lolos USM STAN. Hahaha
  
Alhamdulillah, bisa berbagi tips dan trik masuk STAN tahun 2009 yang pernah aku lakukan. Dan Alhamdulillah dulu aku bisa menjalani kehidupan kuliah di STAN sampai lulus tahun 2012. Alhamdulillah juga sekarang bekerja di Bea Cukai. Semoga bisa masuk DIV deh tahun 2017 ini. Aamiin..

Jika ada pertanyaan, silakan tinggalkan di kolom komentar.

Selamat belajar buat USM STAN yaaa adik-adik..

243 komentar:

  1. Wiiih ternyata anak kuliahan itu lumayan ribet juga, ya? :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ribet-ribet asyik dan nggak terlupakan. hihi..

      Hapus
  2. Assalamu alaikum terikasih sebelumnya atas informasinya...pertanyaan saya Bisa gak mendaftar dua atau lebih di PTK contohnya saya mendaftar di stan lalu mendaftar lagi di stsn :-):-) mohon penjelasannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa koq, saya juga waktu itu diterima di STIS sampai tahap kedua, tapi ngambil yang pengumumannya lebih dulu, yaitu STAN. Dan kebanyakan teman saya juga ngambil di PTN dan PTK lain..

      Hapus
    2. Koreksi Kak, tahun 2016 hanya boleh mendaftar disatu PTK. Waktu itu pendaftarannya diintegrasikan dengan Kemenpan-RB, jadi mendaftarkan diri dulu di kemenpan-RB sama pilih satu PTK yang dituju, kemudian baru log in di website PTK yang bersangkutan. BTW saya juga punya blog yang berkaitan dengan persiapan USM PKN STAN, khususnya TBI. silakan berkunjung balik kak di realmaun.blogspot.com :D

      Hapus
    3. Oh gitu ya sekarang, saya kurang update peraturan berarti.. Terima kasih koreksinya..

      Hapus
  3. Assalamualaikum. kak mau nanya,kalo misalnya aku gak jago itung2an mendingan masuk jurusan apa ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harus jago itung2an donk, kan TPAnya banyakan itung-itungan. Semua jurusan juga banyak itung-itungan, tapi bukan itungan eksak. Mungkin bisa di BC, PBB, atau PPLN.

      Hapus
  4. Kalo pake kacamata bisa masuk ka.-.

    BalasHapus
  5. butuh waktu lama untuk bisa mempersiapkan ujian di stan? lalu bagaimana cara membagi waktu dengan belajar untuk masuk stan dan mempersiapkan UN?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya belajar khusus latihan soal sekitar sebulan setelah UN, karena memang pendaftarannya saat menunggu pengumuman kelulusan, jadi nggak bentrok sama UN.
      Untuk UN belajar sekalian buat SPMB, setalahnya baru fokus untuk USM STAN

      Hapus
  6. Terima kasih infonya kak, sebelumnya mau nanya, saya sangat berminat di STAN, menurut saya , saya memang agak bisa dalam hal itung itungan, tapi saya masih kelas 11, untuk persiapan saya lebih baik gimana ? Soalnya saya takut tidak bisa masuk gara gara saya memang enggak jago di bidang olahraga :/

    BalasHapus
  7. Persiapan sih dari pas kelas XII aja, biar kamu bisa lebih fokus buat UN dulu. Kalau untuk tes kebugaran sih banyak latihan lari aja, biar nggak shock atau tiba2 kram saat tes..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kak kalok tinggi kurang itu gimana kak?

      Hapus
  8. assalamualaikum kak,, kalo pakai jilbab panjang boleh nggk kak?? terus penempatan kerjanya di tentukan atau bisa kita milih sendiri kak??

    BalasHapus
  9. Waalaikumussalaam dek, temen2 saya banyak yg jilbab panjang, saya baru pake jilbab lebar pas kerja, hehe.. Pas penempatan nanti dikasih 3 pilihan, tapi tetep berdasarkan hasil TKD, saya juga di BC karena memang pilihan pertamanya BC..

    BalasHapus
  10. Asslamualaikum kak.
    Saya mau nanyak. Ada yg mengatakan bahwa untuk masuk stan nilai UN Matematika kita harus 80, jika ternyata dibawah itu maka susah untuk ngikuti tes lanjutannya. Kalopun ia katanya gugur. Apakah benar begitu kak? Saya langsung down waktu dengarnya. 80 matematika? Bisa 70 saja sudah keajaiban. Tolong dijawab ya kak. Wassalam

    BalasHapus
  11. Info pendaftarannya bisa dilihat langsung di pknstan.ac.id. Infonya lebih akurat, selama ini biasanya nilai UN 70 koq, bukan 80

    BalasHapus
  12. Assalamualaikum kak, yg punya buta warna apakah bisa masuk stan?

    BalasHapus
  13. Assalamualaikum kak, yg punya buta warna apakah bisa masuk stan?

    BalasHapus
  14. Waalaikumussalaam.. Seingat saya sih ada tes buta warna waktu udah lulus USM..

    BalasHapus
  15. ada buku buat materi khusus USM STAN ga kak?

    BalasHapus
  16. Banyak yang jual sih buku Soal Bahas USM STAN, di dalamnya biasanya ada materinya juga.. Saya sih rekomendasiin dari bimbel adzkia, lengkap materinya..

    BalasHapus
  17. Assalamualaikum kak kalau misalkan pilih 2 ikatan dinas bisa gak?

    BalasHapus
  18. Bisa, tesnya beda tentunya yaa.. Saya juga nyobain STAN dan STIS..

    BalasHapus
  19. terimakasih infonya kak, mohon doa tahun depan supaya bisa masuk pkn stan

    BalasHapus
  20. Semoga bermanfaat.. Semoga saya juga bisa lolos D4 tahun depan..

    BalasHapus
  21. sangat bermanfaat bagi adik adik peminat STAN untuk menyusun strategi agar bisa lulus USM STAN

    BalasHapus
  22. Aamiin, semoga bisa bermanfaat buat adik-adik yang mau masuk STAN selanjutnya..

    BalasHapus
  23. Stan masih ikatan dinas kan kak? Kok denger2 skrang udah ga ikatan dinas lagi yaa.. tes masuk Stan itu apa aja kak?

    BalasHapus
  24. Assalamu 'alaikum kak,
    Disini saya ingin bertanya berapakah nilai rata-rata UN yang kemunginan sesuai pendaftaran ? IPS ?

    BalasHapus
  25. Waalaikumussalaam..
    Setahu saya masih sama, nilai rata-rata 70.
    STAN nerima dari semua jurusan SMA koq..

    BalasHapus
  26. Kak kalau misal nilai UN kurang dari minim 70 apakah bisa kak diterima gak?
    trus kira2 dari setiap soal(TPA atau B.inggris) apa yang harus kita optimalkan agar satu nilai itu bisa buat kita lolos?

    BalasHapus
  27. Setahu saya sih nggak bisa ditawar lagi..hehe..
    Kalau saya dulu optimalin di TPA yang hitungan dan B. Inggris yang grammar, karena saya tahu saya kurang bagus kalau ngerjain soal bacaan.. Tapi secara keseluruhan tetep diambil nilai tertinggi tergantung kuota berapa orang.. CMIIW

    BalasHapus
  28. Mau tanya kak
    setelah masuk STAN penempatan kampus nya dipilih kan STAN / milih sendiri?
    Makasih :)

    BalasHapus
  29. Tergantung nilai dan pilihan saat daftar, kalau setelah diurut, masuk nilai jejeran atas, ya bisa dapat jurusan pilihan pertama, kalau kuota jurusannya udah terpenuhi, orang berikutnya masuk ke pilihan keduanya, begitu sampai kuota habis semua..

    BalasHapus
  30. Kak mau tanya
    tahapan tes nya itu ada brpa kak ? Pertama kan tertulis, nah yang selanjutnya apa ya kak ?

    BalasHapus
  31. Kalau dulu sih cuma tes tertulis aja, sekarang kalau nggak salah ada tes wawancara dan kebugaran..

    BalasHapus
  32. Kak, untuk tes mata apakah yg berkacamata masih diikutsertakan mengikuti tes lihat huruf dari jauh kak ?

    BalasHapus
  33. Saya juga pakai kacamata, tapi nggak ada tes mata gitu koq, cuma tes tulis, wawancara dan kebugaran aja..

    BalasHapus
  34. kak, maksudnya harus bekerja 3x masa pendidikan + 1 th. kalau udah lulus dr stan itu apa?? trimakasih....

    BalasHapus
  35. tes kebugarannya nanti ngapain aja ya kak??

    BalasHapus
  36. Oh, 3n+1 itu kewajiban kita kerja di Kemenkeu setelah lulus, kalau yang D3 berarti terikat 10 tahun, kalau D1 berarti 4 tahun, kalau misalnya resign harus ganti untuk ijazah, soalnya kan kita kuliahnya ikatan dinas, dibiayai negara..
    Tesnya lari aja sih ngelilingin lapangan bola..

    BalasHapus
  37. kak kalo niali UN nya ga bgus gmna ya?

    BalasHapus
  38. Kalau belum UN nya ya usaha lebih giat lagi..

    BalasHapus
  39. well, saya da baca artikel ini sampe selesai termasuk komen"nya .. terimaksih semua saya dapet banyak ilmu disini terutama buat yg nulis artikel maksih banyak kak arif

    BalasHapus
  40. Kak Annisa donk, jangan Kak Arif..
    Hehe, Alhamdulillah kalau bermanfaat..

    BalasHapus
  41. Assalamu'alaikum kak annisa, boleh tanya soal STAN lebih jauhnya, emang kalo minus lebih dari 2 dioptri itu gak bisa masuk? ^^ Kak maaf sebelumnya kirim surel ke email saya aja yah hehe anggraeniv304@gmail.com yah hehe untuk tanya-tanya lebih jauhnya....

    BalasHapus
  42. Waalaikumussalaam, setahu saya tetap bisa koq, soalnya pas tes kesehatan itu palingan tes buta warna aja, kalau tes minus nya biasanya untuk Bea Cukai..

    BalasHapus
  43. Ass. Kak kalo mau lulus usm nilai minimal tesnya harus dpet berapa ya kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumussalaam, sudah dijelaskan di atas, STAN tidak mengenal passing grade, jadi sistemnya diambil berapa ratus orang dengan nilai tertinggi.

      Hapus
  44. Ohiy kak kalo misalkan tahun ini kt gak goal usm apakah tahun depan kt bisa ikut usm pkn stan lagi ? Atau ada batas usia pendaftarannya gak kak? Makssih sebelumnya kak maaf kalo banyak tanya heheh😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa ikut berkali-kali koq, asal masih memenuhi syarat pendaftaran, biasanya mentok di usia 20 tahun.. Tergantung syarat pendaftaran USM tahun berjalan ya, peraturannya bisa berubah.

      Hapus
  45. Kak, mau nanya.
    Kalau masuk STAN tinggi badan di permasalahkan gak kak?
    Dan gimana sih usaha buat anak IPA milih akutansi tapi ga pernah belajar itu selama di SMA karena jurusannya beda?
    Makasih kaaak ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Khusus spesialisasi Bea Cukai ada batas tinggi badan, tapi kalau jurusan umum nggak ada koq..

      Saya juga anak IPA yg milih akuntansi, teman saya juga kebanyakan dari IPA, kami sama2 belajar dari nol, tapi sebenarnya akuntansi cukup mudah koq logikanya, masih bisa nyambung dengan anak IPA

      Hapus
  46. Mau nanya kak,
    Nilai UN min 70 itu rata-ratanya atau nilai per mapelnya ? Soalnya nilai UNku hancur banget 😢 . Trus apakah berpengaruh sama usm nya nanti ? Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau saya baca ulang sih rata-rata. Kalau misal nilainya 65, 70, 78, berarti masih bisa..

      Hapus
  47. Terimakasih sebelumnya atas info kak berguna bgt. Yang mau saya tanyakan
    Ka kuliah di stan berat bgt gak sih kak? Hehe
    Terus pas tes susah bgt kah soalnya? Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih juga sudah mampir.. Sebenarnya tes USM nya sendiri tidak susah, soal aritmatika biasa, cuma karena waktu yang singkat, jadi saingannya lebih pada cepat dan tepat..
      Kalau pas kuliah sih gampang-gampang susah, cuma memang pressure nya tinggi, banyak yang pintar dan rajin..

      Hapus
  48. Senang banget.... kak gmn dgn bimbel masuk stan, gmn menurut kaka ? Perlu ga ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyak juga yg bisa lulus USM dr bimbel STAN, lumayan juga buat jurus cepatnya..

      Hapus
  49. Ass. Kak kalo misalkan ada bekas luka di bagian tubuh kita apakah itu berpengaruh pas masuk stan kak? Makasih sebelumnya kak hehe🙏🏻

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumussalaam..
      Kayaknya sih nggak berpengaruh, teman saya ada yg pakai pen di kakinya tetap bisa masuk..
      Tapi gtw juga ketentuan sekarang gmn, soalnya saya lolos USM tanpa ada trs kesehatan lagi..

      Hapus
    2. Waalaikumussalaam..
      Kayaknya sih nggak berpengaruh, teman saya ada yg pakai pen di kakinya tetap bisa masuk..
      Tapi gtw juga ketentuan sekarang gmn, soalnya saya lolos USM tanpa ada trs kesehatan lagi..

      Hapus
  50. Assalamualaikum kak annisa, saya mau bertanya bagaimana tentang sistem DO ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumussalaam..
      Mahasiswa dinyatakan DO kalau:
      1. Presensi kurang dari 80%
      2. IPK di bawah 2.75
      3. Menyontek

      Hapus
  51. Assalamu'alaikum,Ka..
    Saya mau tanya.. kalo beli buku USM (seperti yg disebutkan diatas) itu dimana ya,ka?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumussalaam..
      Biasanya ada yang jual di tokopedia atau yang bagus sih buku dari adzkiastan, cari aja judulnya Soal Bahas USM STAN..

      Hapus
  52. Assalamu'alaikum wr.wb kak saya mau tanya kalo mau masuk STAN yang bea cukai itu bagaimana cara agar bisa masuk jurusan itu kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumussalaam..
      Tesnya sama aja sih untuk jurusan Bea cukai, cuma ada syarat tinggi badan, mata minus dan beda saat tes kebugarannya..

      Hapus
  53. Informatif sekali post nya, oh ya sedikit menambahkan ya. STAN gak ada sistem kayak supply and demmand yg diterapkan di SNMPTN. Setahuku STAN sistemnya kelulusan tidak memperhatikan jurusan. Jurusan dibagi setalah dinyatakn lolos di setiap tahap tes. Jadi siswa yang memilih jurusan dengan kuota sedikit belum tentu kesempatan lulusnya lebih kecil.

    oh ya, alumni stan tahun berapa ya? salam kenal ya, aku akuntansi 2013 :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga, saya lulusan 2012.
      Maksud saya juga gitu, diambil berapa ribu besar, baru dijuruskan. Tapi untuk jumlahnya sendiri, tetap berdasarkan permintaan dari Kementrian Keuangan, cuma kalau mau goal ke pilihan pertama, menurut saya tetap berpatokan ke jumlah mahasiswa di jurusan itu di tahun sebelumnya.

      Hapus
  54. Assalamualaikum kaa, ka sya msh klas 10 tapi sya berminat banget mau masuk stan tapi sya lemah dalam itung itungan tapi sya agak menonjol d b inggris kaa.ka klo d bgian kebendaharaan negra hitung hitungan nya sedikit ya kaa?? Dan ka boleh g sya bertemn dengan kk d fb supaya bisa komunikasi untuk meminta solusi agar sya bisa masuk stan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ass ka boleh nanya klo mata min lebih dari -3 dan selinder 3 masih bisa masuk ga kaa, trimakash

      Hapus
    2. Waalaikumussalaam..
      Kalau gitu, diperkuat hitungan dan B. Inggris nya dari sekarang, teknik perhitungan cepatnya juga dimantapkan lagi. KBN masih ada hitung2annya sih, tapi lebih sedikit dari Akuntansi atau Pajak.

      Bisa follow saya di Instagram atau Twitter, dek..

      Kalau mata minus, saya juga minus 2, dan beberapa teman saya ada yang minusnya lebih besar, yang penting lulus USM..

      Hapus
  55. Assalammualaikum.. Ka saya kan dari kabupaten dan sekolahan saya pun tidk begitu terkenal apa saya bisa masuk STAN atau PTk lainnya dan Saya juga tidak begitu pintar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumussalaam..
      Saya juga dari kabupaten, sekolah saya nggak terkenal. Sampai pas disebutkan asal daerah saya darimana pun teman2 di STAN nggak pada tahu. Saya juga sendirian dari SMA saya. Ada usaha dan doa yang bisa merubah nasib seseorang, betul??

      Hapus
  56. Balasan
    1. Bukan tes kesehatan sih, cuma syarat administrasi aja kalau sudah lolos USM..

      Hapus
  57. Kak di stan tes olahraganya apa aja kak..?, trus klo mau bea cukai masuknya apa kak..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tes kebugarannya lari angka 8 selama 12 menit, lari keliling lapangan sepak bola.
      Untuk masuk BC,
      Pertama, bisa pilih spesialisasi Bea Cukai yang D1 atau D3,
      Kedua, pilih spesialisasi Akuntansi, nanti pas penempatan,bisa pilih instansi Bea Cukai.
      Ketiga, masuk S1 umum, nanti pas tes CPNS Kemenkeu, pilih instansi Bea Cukai.

      Hapus
    2. Ngada tes renangnya ka...?, saya berminat sekali menjadi mahasiswa di stan..

      Hapus
    3. Nggak ada, tapi kalau jadi mahasiswa BC, ada fasilitas renangnya sih dekat kampus yg di Rawamangun.. Iya, belajar yang rajin dari sekarang..

      Hapus
  58. Bc itu apa kak..?.., iya ka saya akan berjuang & tekun agar bsa msuk stan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau jurusan bea cukai wajib bsa renang nga si ka trus ana reanangnya nga ka..?
      Soalnya sya ga jgo2 amat sma renang..

      Hapus
  59. Izin nanya kak, aku masih belum ngerti kalo misalnya penjurusan di stan itu gmn sih? Apakah sesuai sama keinginan kita apa gmn ya? Hehe makasih kak sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baca lagi di bagian Untuk Dicamkan.. Tergantung nilai..

      Hapus
  60. Assalammualaikum ka . Ka saya mau tnya dulu itu kk ikut bimbel g? Saya ini anak smk, yg saya liat soal soal mtk nya rata rata soal anak sma yg tntunya saya g kuasai. Mnurut kk tipe anak anak smk sperty sya wajib ikut bimbel g si? Soalnya kdg klo hanya bljr lwat buku trutma mtk nya itu suittt bgt dicerna.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumussalaam.. Kalau soal matematika justru lebih mirip soal SMP, banyak penalaran dan rumus sederhana, nggak ada mtk SMA yang kayak logaritma atau trigonometri lanjutan. Cuma saingannya di waktu yang terbatas. Kayaknya sih nggak perlu bimbel, tapi kalau mau tau banyak trik cepat mengerjakan soal, bisa ikutan..

      Hapus
  61. makasih kaa infonya.. mau nanya juga nihh

    buku pegangan kk cuma yang adzkia doang? soal testnya hanya TPA + Inggris tidak ada mapel lainnya (akuntansi, dll) ?

    makasih sebelumnyaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau saya dulu cari-cari soal USM di Internet, buku grammar dan buku tes Bahasa Inggris SNMPTN, cuma pas adik ipar saya nyoba tes, saya perhatikan buku dari AdzkiaSTAN itu lengkap penjelasannya..

      Hapus
  62. Sebelumnya terimakasih ka atas infonya. Saya mau tanya, apa soal usm untuk semua jurusan yang dipilih sama kan baik d1 atau d3? Trus ka gimana sih caranya kalau kita udh selesai wjib kerja bisa jadi guru di STAN?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Soal USM itu untuk jurusan D1 dan D3. Kalau mau jadi dosen di STAN, berarti ambil instansi BPPK aja setelah penempatan

      Hapus
  63. Oh gitu masih ya ka, ka saya mau nanya lagi nih agak banyak ka, tpi klo ga djawab semua gpp ko. Pertanyaan saya :
    1. apa ada kemungkinan untuk lulus usm STAN hanya dengan mengejar nilai mati
    2. setelah kita menyelesaikan wajib kerja, bagaimana selanjutnya
    3. kalo mau lanjut kuliah lagi, mis. dari d3 ke d4, apa ada pengaruh besar, mungkin ke karir?
    4. kita selesai wajib kerja trus kita mau tetap lanjut di Kemenkeu tiba-tiba 1/2 tahun kemudian kita ingin berhenti dari Kemenkeu apa bisa, soalnya saya pernah dengar harus membayar denda
    Terimakasih ka, mohon dijawab ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. Hmmm, saya nggak yakin.. Usaha yang terbaik!!
      2. Wajib kerja untuk D3 itu 10 tahun, untuk D1 4 tahun, setelahnya ya bisa lanjut kerja di Kemenkeu mengabdi untuk negeri, atau keluar dengan ambil ijazah dan bisa melamar di tempat lain.
      3. Yes, ke pangkat dan pendapatan
      4. Bisa, kalau yang bayar denda itu kalau sebelum 10 tahun udah keluar..

      Hapus
    2. Terimakasih banyak ya ka atas jawabannya. Ka kalau setelah wajib kerja keluar masih tetap pns kah? Kaya Helmy Yahya dia kan kelulusan STAN tapi dia lebih sering tampil di tv

      Hapus
    3. Kalau sudah keluar ya sudah bukan PNS lagi..

      Hapus
    4. Ka kalau kita mau penempatan nya di pusa milihnya apa untuk jurusan akuntansi trus caranya gimana, apa dengan memperoleh nilai tertinggi?

      Hapus
    5. Bisa pilih instansi Setjen, Itjen, BKF atau DJA

      Hapus
  64. Assalamualaikum
    Kak untuk pel matematika dan bhs inggris, dasar yang harus lebih diperkuat apa aja ya?
    Terus waktu yang dikasih untuk tes berapa menit kak?
    Mohon infonya ya.. makasih ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Perkuat kosakata, aritmetika, dan grammar..
      Waktunya 150 menit untuk 180 soal..

      Hapus
  65. Asalamualaikum kak,
    Mau nanya, saya nggak paham dgn soal soal akuntasi,tapi saya kuat di bahasa inggris kak?dan saya ingin masuk stan,kasih saran nya dong kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tesnya memang hanya TPA dan Bahasa Inggris, banyak latihan soal aja..

      Hapus
  66. Assalammualaikum kak,
    kak saya mau nanya kalo
    1.Untuk jurusan BC itu boleh nggak kalo minus kita besarnya 2,25 Dioptri?
    2.Untuk TBI, materi apa saja yg biasa muncul untuk setiap tahunnya?
    3.Adakah trik cepat dalam menjawab TBI untuk error recognition?
    mohon jawabannya kak,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumussalaam..
      1. Setahu saya persyaratannya maks minus 2, CMIIW
      2. Biasanya grammar, error recognition, teks atau melengkapi teks.
      3. Kalau trik khususnya paling di tenses, parallel, noun, verb, adj, adv, dsb..

      Hapus
  67. Permisi, saya mau bertanya.
    Adakah kemungkinan bagi saya untuk lulus usm stan dan jika lulus bisa bertahan didalamnya padahal saya kurang menyukai hitung-hitungan?
    Terimakasih jawabannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemungkinan? Pasti selalu ada kemungkinan, cuma entah berapa persen..
      Kalau memang niat ya harus belajar hitung-hitungan.. Insya Allah bisa kalau niat..

      Hapus
  68. Assalamualaikum. Terima kasih banyak info nya kak. Membantu sekali. Saya minat sekali masuk STAN. Gaji dan Remon nya besar. Hehehe. Kak Anisa wkt itu Nilai nya berapa? Biar bisa dijadikan patokan. Terima kasih ka

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nilai apa ya? Kalau nilai USM saya nggak tahu, yang pasti di atas nilai mati.. Soalnya hasil USM hanya dikasih tahu Lulus atau Tidak Lulus, tidak ada nilainya..

      Hapus
  69. Kak aku mau nanya untuk yang di test itu pelajaran apa aja ya kak ,kan ada soal bahasa inggris kebetulan aku kurang bisa bahasa inggris untuk bahasa inggrisnya yang di ujiankan apa ya kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba lihat bentuk tesnya dulu ya dek di soal-soal USM STAN, banyak koq di Internet juga..

      Hapus
  70. Nona AmaliaJanuari 17, 2017

    kak, blog kaka bantu aku banget, aku dari kabupaten dan disekolah smk yang notabenenya masih dalam pengembangan sekolahnya... akreditasinya pun standar, kira kira itu berpengaruh engga ya ka??? aku pingin dan minat banget untuk masuk stan, bahkan udah ngisi soal stan banyak banget...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga sekolahnya di Kabupaten waktu SMA, dan banyak putera puteri daerah yang masuk STAN, yang berpengaruh itu ya kualitas muridnya sendiri dan doa tentunya..

      Hapus
  71. Kak mau tanya,aku lulusan tahun 2016 nilai un mu rata2nya dibawah 70 apakah itu bisa ikut usm stan ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut syarat dan ketentuan sih min. 70, tapi kenapa nggak dicoba aja dulu..

      Hapus
  72. kak mau nanya, USM PKN STAN tingkat kesulitannya gimana?
    susah2 nggak? sebenarnya aku pingin ikut, tapi aku takut nggak ketrima.
    mohon informasinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba lihat bentuk tesnya dulu ya dek di soal-soal USM STAN, banyak koq di Internet juga..

      Hapus
    2. itu PPKN di tes nggak kak?

      Hapus
    3. Jangan malas baca ya Dek,,coba buka gimana jenis soalnya..

      Hapus
  73. mlm kak...mohon bantuanx.blh gk y qt daftar 2 ikatan dinas cthx stan dan stis.tqu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa koq, mau lebih dari juga boleh selama jadwal tesnya gak tabrakan, saya juga dapat diSTAN dan STIS, tapi bagaimanapun tetap harus milih..

      Hapus
  74. Mlm kak.. mau nanya nih.. banyak sedikitnya riwayat alumni dr SMA apa juga berpengaruh diterima/nggaknya kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak ada, yang paling berpengaruh ya kemampuan muridnya dan doa.. Dan mungkin luck..hehe

      Hapus
  75. ka aku mau nanya dong,kalau waktu itu kaka ikut kaya bimnbel lagi ga? bisa minta kontak kaka?
    nanti email in aja kontak kaka ke aku nadhirafarahgunarto@gmail.com atau ga wa aja 081220775914

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya nggak ikut bimbel dek, kalau untuk kontak dan pertanyaan lenjutan bisa chat di Instagram aja.. :)

      Hapus
  76. Kak saya mau tanya. Kalo masuk STAN Pakai rata rata keseluruhan UN. atau yang dipakai UN MTK nya aja ? Sekian . Mohon dijawab Ka :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rata-rata UN, bukan cuma Matematika aja..

      Hapus
  77. Kak mau tanya, sebaiknya untuk pilihan pertama akuntansi atau perpajakan ya? Terimakasih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tergantung nantinya mau kerja di mana, kalau memang mau ke DJP ya mending pilih Perpajakan, kalau mau pilihan penempatan yang lebih umum mending Akuntansi

      Hapus
  78. kak mau tanya
    klo kita kurang di b.inggris tapi mengejar nilainya banyak di TPA bisa lolos ngak ?
    dan untuk lulusan tahun ini bisa mengambil lebih dari 1 sekolah ikatan dinas ngak ?
    mohon jawabannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada nilai mati juga per tes, 1/3 dari TPA dan 1/3 dari B. Inggris.
      Waktu jaman saya sih boleh, tapi untuk tahun ini belum tau bagaimana ketentuannya..

      Hapus
  79. Maaf nanya lagi kak... kalo seandainya kita wktu seleksi barengan sama temen2 1 SMA apa boleh kak? Kalau boleh,itu dibatasi atau nggak kak kuotanya 1 sekolah?? Trims

    BalasHapus
  80. Kak,nilai minimal 70 itu rata-rata nilai UN atau nilai akhir di ijazah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di ketentuannya rata-rata UN, tapi gak tau kalau ketentuan tahun ini berubah, soalnya katanya gak ada UN ya..

      Hapus
  81. Kak mau tanya aku minat banget bea cukai. Tapi setelah cari info di tes kesehatan ada tes lari dan aku ga kuat kalo suruh lari. Kalo ganti jurusan aku harus ganti apa juga belum tau

    BalasHapus
  82. Kak kan aku punya berat badan berlebih / ga ideal itu kira2 ngaruh ga pada tes kesehatan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apalah arti ideal kalau tidak idealis dan nggak lulus ujian masuknya..ahahaha..

      Hapus
  83. Seleksi nya ada nyogok nyogok nggak kak ? karena saya khawatir dengan masalah kkn ini, takutnya saya malah jadi korban gagal gara-gara ada hal kkn ini. terima kasih kak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. FYI, anaknya Menkeu pernah nyoba USM STAN dan nggak lolos, yang saya tahu anak2 STAN itu emang spesial, anak2 pilihan, nggak pakai nyogok2an..

      Hapus
  84. Mbk numpang tanya, prosentase peminat dg yg diterima paling besar jurusan apa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sorry can't tell, nggak punya data seperti itu soalnya, tapi kalau kuota terbanyak ya Akuntansi, kedua Pajak

      Hapus
  85. Assalamualaikum kak , sy taun ini berminat daftar STAN . kalo nilai ujian saya di bawah 70 gimana? Tapi nilai rapot saya tinggi" smua . Apakah sy bisa masuk STAN?

    Terus apakah nilai 70 itu hasil rata" atau disetiap pelajarannya??

    BalasHapus
  86. Kak kalau saya ingin kuliah di stan tapi setelah lulus saya ingin langsung bekerja di tempat lain

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa koq, tapi ijazah ditahan 10 tahun, atau kalau mau ambil ijazah, ada uang tebusannya..

      Hapus
  87. Assalammualaikum, Kak kalo soal wawancara itu kira2 yang ditanya soal apa ya kak ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pas saya belum ada tes wawancara, tapi baca-baca dari pengalaman adik kelas, yang ditanyakan seputar kelebihan-kekurangan diri, kenapa STAN harus nerima anda, prestasi, siap ditempatkan di seluruh Indonesia, coba cari referensi yang lain, kurang tau juga soalnya..

      Hapus
  88. Makasih kak infonya
    Oh ya kak doain semoga saya dan teman saya bisa lolos ya kak tapi kami berdua ini introvert apa bisa lulus tes wawancara?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya untuk lulus tes wawancara tidak memandang apakah dia introvert atau ekstrovert, coba aja pahami pertanyaannya..

      Hapus
  89. kak mau tanya, batas umur daftar stan itu sama kayak sbmptn ngga? atau batasnya sampai umur 20? saya kan lulusan smk tahun kemarin kak kalau daftar stan pada periode 2018 atau tahun depan bukan tahun ini masih bisa apa ngga kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, batasnya 20 tahun per tanggal tertentu..
      Tergantung umur kamu berapa pas nanti daftar tahun 2018

      Hapus
    2. tahun depan masih umur 19 tahun kak, masih bisa kan? kalo smbmptn kan terakhir daftarnya setelah 2tahun dari masa lulus, kalo stan sama kayak sbmptn apa ngga kak? soalnya saya lulus smk saat umur 17tahun

      Hapus
  90. Assalammualaikum kak annisa:) kan saya mau tanya. kan disekolah saya ini baru pertamma kali dilakukan unbk. lah saya was-was jika nilai saya terjun bebas karena kakak kelas dari sekolah lain yang sudah menerapkan unbk ditahun seblumnya itu nilainya terjun bebas. lah kalau seandainya nilai saya dibwah 7(ya jangan sampai) itu gimana kak? apa masih boleh daftar?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumussalaam..
      Belajar aja dan usahakan nilai yang terbaik, baru lihat berapa batas nilai untuk ikut USM..

      Hapus
  91. Kak di STAN itu ada biaya nya gak sih selain pendaftaran ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selama saya kuliah, saya mengeluarkan biaya makan dan ngekos, kalau untuk kuliahnya nggak ada, paling hanya untuk biaya wisuda..

      Hapus
  92. Maaf kak, mau tanya terus cara kita mengetahui jumlah penawaran /permintaan jurusan itu dari mana ya? makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang tahu ya pihak dari STAN nya, tiap tahun beda kebutuhan

      Hapus
  93. Assalamualaikum kak, saya mau nanya kalo BC D3 bisa untuk perempuan engga ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumussalam.. Selama ini sih nggak ada penerimaan perempuan untuk spesialisasi D3 BC, adanya buat D1

      Hapus
  94. Kak mau nanya kalau USM Stan perlu pake UN aja apa UN + USBN

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya kurang tahu aturan untuk tahun ini, soalnya tiap tahun kurikulum SMA nya berubah, jadi kemungkinan syarat USM STAN juga berubah..

      Hapus
  95. kak, mau nanya bisakah masuk stan saat sedang kuliah tempat lain

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak bisa dek, you have to choose..

      Hapus
  96. Kak saya mau tau pendaftaran di STAN kapan ya? Dibuka nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belum dibuka, coba lihat info update nya di stan.ac.id

      Hapus
  97. Mudah mudahan anak ibu bisa mengikuti jejak d'Annisa Arif...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bu, semoga sukses ya anaknya..

      Hapus
  98. ka ada punya kontak sosmed?biar enak bertanya ka hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa chat lewat Instagram aja dek..

      Hapus
  99. kak, saya sebenernya udah kuliah di uns ,tp klo pengen nyoba daftar di stan bisa gak ya? n nilai rata rata un dibawah 7 gimana ? dan di web mahasiswastan tertulis begini
    " Bagi Calon Lulusan 2016, Nilai di hitung berdasarkan Nilai Rapor sedangkan bagi lulusan Tahun 2015 kebawah menggunakan Nilai Ijazah."
    itu bagaimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa koq, walaupun sudah terdaftar kuliah di perguruan tinggi lain. Kalau yang sekarang berdasarkan nilai UN

      Hapus
  100. kak kalau "jurusan PAJAK" apa hanya bisa di masuki sama anak jurusan IPA waktu sma nya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak juga, bisa dari jurusan apa saja..

      Hapus
  101. Anak sy tahun ini ingin masuk STAN , mdh2an dpt d trima. AAmiin ya Robb..

    BalasHapus
  102. Kak., saya sekarang kelas 2 SMK, jurusan akuntansi di kota bima.,
    Harapan sya, saya sangat mau sekali masuk stan
    Cman kendalanya.,, saya itu sangat lemah dalam perhitungan., tapi kau bahasa inggrisnya ya alhamdulillah lah .,
    Saya boleh minta sarannya gk kak.,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belajar lagi lebih banyak soal-soal hitungan kalau gitu, biar dicoba trik cepat untuk mengerjakan soalnya..

      Hapus
  103. Assalamualaikun kk. Kk ma nnya nisa kan mau masuk stan tapu nisa skrang kuliah d stie n jurusan accounting perpajakan baru awal semester 2 ap nisa bisa masuk kk?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba aja dek, bisa koq walaupun sudah kuliah di tempat lain..

      Hapus
  104. Assalamualaikum, ka. Matematika di USM PKN STAN tingkat tinggi ya katanya ? Aku lihat soal"nya udah geleng" -_-.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nope, soalnya kebanyakan aritmatika biasa level SMP menurut saya, cuma waktunya yang mepet, jadi harus berlatih kecepatan..

      Hapus
  105. Hay... Selamat siang kk... Aq mau tanya gmana dgn llusan smk apakah bisa ikut Stan n andaikan bisa bgmana dgn nilai UN permata pelajaran seperti b. Indo 76, matematika 77,5, kompetensi 85,9 trus bahasa inggris 68,0 apakah bisa llus atau gak.. Krna bhsa inggris dibwh 70,00...
    Makasih sebelumx infox kak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di syarat dan ketentuan tahun 2017 ini sih ditulis RATA-RATA UN 70, jadi bukan per mata pelajaran.. Coba ikut tes aja..

      Hapus
    2. Iya... Makasih banyak kk infox... Owh iya kak Soal stan stiap tahunx gk jauh beda kan kak ad kemiripan... Krna sy udh punya soal stan dri tahun 2000-2014...bisa gak kak cuma itu yang dipelajarin..
      Makasih kak...

      Hapus
  106. Maaf mau tanya yg agak private.. apa ada test kesehatannya yg melibatkan test keperawanan untuk putri.. krna anak saya sdh persiapan khusus untuk test pkn stan tp dia pernah menjalani oprasi hymen privea saat klas 7 smp.. mohon direspon ya.. maaf agak private

    BalasHapus
  107. kak, klo mau masuk stan tapi waktu SMA nggk ada pengalaman organisasi itu ngaruh nggk sih? aku liat daftar pertanyaannya ada pengalaman organisasinya. ini yg buat aku down :(

    BalasHapus
  108. Assalamualaikum.. kak mau tanya, kakak ada saran gak untuk mengisi form pilihan jurusan dari 1-maksimal jumlah pilihannya? terimakasih :)

    BalasHapus
  109. Waktu itu kaka ga pilih pajak ya jurusannya? Terus keterima dimana jadinya?

    BalasHapus
  110. Aku anak ipa, lulus tahun 2017 ini. Di sekolah ada lintas minat ekonomi tapi akunya ga ngambil. Aku ambil nya lintas minat bahasa inggris, trus gak ada bekal apapun di ekonomi. Tapi akunya suka masuk jurusan akuntansi atau gak pajak. Bisa gak ya nanti aku ikut perkuliahan dengan semestinya?

    BalasHapus
  111. Anggun resyaMaret 12, 2017

    kak, mohon informasi apakah pada saat mendaftar PKN STAN boleh memilih 2 program studi saya kurang paham tentang pemilihan program studi untuk PKN STAN ? lalu, program studi apa saja yang memiliki peluang masuk lebih besar kak?. mohon bantuannya kak trims.. :D

    BalasHapus
  112. Halo Calon punggawa Keuangan negara angkatan 2017.
    Disini saya ingin berbagi Tips lulus STAN,untuk lulus di PKN STAN tidak cukup hanya dengan Doa nenek,kakek,ibu,ayah,adik,paman,tante,tetangga,teman,sahabat,guru,dll.
    tapi dibutuhkan kerja nyata dengan cara belajar,Tuhan taulah mana yang bersungguh-sungguh dan mana hanya yg main"

    BalasHapus
  113. Kak tinggi aku 153, aku mau ambil jurusan baecukai,sedangkan tinggi harus 155, minta saran kakak dong

    BalasHapus

Terima kasih Sudah Berkunjung. Silakan Tinggalkan Jejak, dan Beri Masukan Untuk Kemajuan :)

Google+ Followers