Tips Hidup Sehat yang Jarang Dilakukan

Tips Hidup Sehat yang Jarang Dilakukan. Sehat adalah rezeki terindah yang nggak bisa terganti oleh apapun. Jadi menjaga kesehatan adalah hal wajib kalau mau menikmati hidup kita yang singkat ini. Sudah sering kita temui tips hidup sehat yang standar:
  • Makan makanan halal dan baik, seimbang dan bergizi.
  • Rajin berolahraga.
  • Minum 2 liter air putih per hari.
  • Tidak merokok dan tidak menjadi perokok pasif.
  • Tidak mengkonsumsi alkohol dan makanan yang diharamkan.
  • Kerja dan tidur yang cukup.
  • Hindari stress dan selalu bahagia.
  • Perbanyak konsumsi sayuran.
Nah, resolusi saya menjaga kesehatan beda dari orang lain. Tapi semuanya memang harus berpola dan tidak instant. 5 hal ini sudah teruji (di tubuh saya) selama 10 tahun dan Alhamdulillah tidak pernah lagi sakit parah atau sampai harus ke rumah sakit. Dan tentunya menjamin kestabilan fungsi tubuh saya untuk jangka panjang. Resolusi hidup sehat saya itu....

1. Say no to drugs!! What drug? All type of drugs.

Maaf kepada rekan-rekan saya di jurusan farmasi, tapi saya sudah tidak mengkonsumsi obat yang anda produksi. Keseringan minum obat nggak baik untuk kerja ginjal. Melihat nenek saya yang rutin mengkonsumsi obat sesuai resep dokter, sekarang penyakitnya malah lebih kompleks. Melihat saudara saya setelah rutin minum obat juga badannya terus melar.
Kalau sakit gimana? GUNAKAN BAHAN ALAMI. Madu, sari kurma, kunyit, jahe, bawang-bawangan, teh, habbatussauda, dan bahan alami lainnya untuk menyembuhkan penyakit.
Hasilnya: Need time, of course. Tapi saya lebih memilih menunggu kesembuhan dalam 2 hari daripada menghilangkan penyakit dengan cepat, dan ketergantungan dengan obat pada akhirnya.

2. Berpuasalah, Maka Kau Akan Sehat

Dulu saya langganan sakit maag dan sakit saat PMS. Setelah disuruh puasa sama mama, saaammmma sekali nggak pernah merasakan sakit melilit itu lagi (kecuali pas lahiran). Kalau selama ini kamu menghindari makanan dengan diet mayo, diet apel, diet golongan darah, atau OCD, CUKUP! Jangan lagi menganiaya diri! Prinsip diet itu kan mengurangi makanan, kenapa nggak puasa? Hasilnya: Kolesterol terjaga, nafsu makan terkendali, berat badan stabil, dan keimanan bertambah.

3. Air putih 2 Liter per hari Sudah Tak Cukup

Setelah guru saya bilang "Kamu boleh makan apa aja asalkan minum lebih dari 2 liter per hari, karena jaman sekarang terlalu banyak bahan kimianya". Semakin sering minum, semakin cepat metabolisme dalam tubuh terjadi. Kita nggak tahu kalau di dalam tahu yang kita makan ada formalinnya, untuk proses detoksifikasinya ya dengan sering minum.
Minumnya SERING, bukan BANYAK ya.
Minumnya AIR PUTIH ya bukan minuman bersoda dan berasa.
Hasilnya: Air kencing jernih, konsentrasi terjaga, ASI lancar.

4. Ikuti negara Maju, Mari Makan Ala Jepang

Satu hal yang saya pelajari dari makan ala Jepang, yaitu Sedikit Nasi dan Perbanyak Lauk dan Sayuran. Sumber karbohidrat tidak hanya nasi, bukan?
Ini nih makan saya setiap hari..
Hasilnya: Saya doyan makan tapi nggak gemuk-gemuk tuh, karena yang bikin gemuk tuh si gula yang ada dalam karbohidrat.


5. Ayunkan Kaki 1000 Langkah Per Hari

Kita berada di jaman serba cepat, dimanjakan kendaraan, terus duduk lama setelah sampai tujuan. Olahraga bagi urban people adalah hal yang mahal. Coba paksakan untuk berjalan kaki sejauh mungkin, memilih naik tangga daripada lift, sering mengantar dokumen dan shalat berjamaah di masjid (Yang ini, selain sehat juga pahalanya dihitung tiap langkah).
Kenapa jaman sekarang banyak yang lahiran dengan caesar? Karena ibu-ibu jaman sekarang jarang jalan kaki.
Hasilnya: Saya bisa lahiran normal dan hemat puluhan juta, nggak manja, dan nggak ketergantungan kendaraan. 

Sekian resolusi hidup sehat dari saya yang jarang dilakukan orang, semoga kita selalu diberikan kesehatan. Karena uang sebanyak apapun tak ada artinya jika badan meriang sedikit saja. 

5 komentar:

  1. benar juga
    sakit sedikit tidak harus buru buru berobat ya
    yang penting badan banyak istirahat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, malah ketergantungan nantinya dan malah makin sering sakit..

      Hapus
  2. yes benar skali bahwa kesehatan itu sangatlah penting, dan dengan mengikuti cara hidup sehat di atas sangatlah baik, dan tentunya kita harus ingat bahwa untuk merawat kesehatan yang baik kita hanya perlu mengatur pola makan, dan selalu rutin berolahraga itu saja sudah cukup.

    Tapi untuk menjalaninya terkadang susah sekali, hingga membuat resolusi segala setiap tahunnya, hingga akhirnya tidak terjalan-jalan, terima kasih ya,

    BalasHapus
  3. Nice share, mbak... Saya juga mengurangi konsumsi obat-obatan sintetik (tapi suplemen tambahan masih sih, hehe), sering minum air putih, dan makan ala ala orang Jepang. Kebetulan beberapa waktu lalu Kakak saya baru kunjungan ke Jepang dan bawain saya oleh-oleh sumpit, jadi makan gegayaan pake sumpit. Berhubung yang enak dijepit pake sumpit itu sayuran dan lauk (nasi kita kan beda ya jenisnya sama beras mereka yg pulen, enak dijepit pake sumpit), jadi tanpa sadar konsumsi saya utk nasi berkurang. Pas kemarin makan kondangan (pake sendok kan ya), saya ngambil nasi dikit udah kenyang (tapi lauk sama sayur nya dibanyakin). Lucunya, BB malah naik sekilo tuh. Hihi, nggak papa deh, yang penting badan terasa lebih ringan. Saya juga lagi suka olahraga panahan sih, kayaknya ada pengaruhnya pelan2. insyaallah.. ^^

    Sehat selalu, mbak!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya mah porsi makannya aja yang ngurangin nasi, tapi makan tetep ala Sunda (pakai tangan). Emang susah banget ya kalau udah jadi emak-emak mempertahankan berat badan. Panahan, mauuu.. Tapi mihil..

      Hapus

Terima kasih Sudah Berkunjung. Silakan Tinggalkan Jejak, dan Beri Masukan Untuk Kemajuan :)

Google+ Followers