Tips n Trik Samapta Bea Cukai

Selamat datang di Samapta Bea Cukai, 5 minggu terisolasi di Pusdiklat atau markas TNI bersama pelatih yang akan mengubah kepribadianmu jadi lebih baik dan disiplin. Jangan pikir Samapta ini penuh derita dan siksaan. Justru lebih seperti : Yeah, ini program perbaikan gizi dan bentuk tubuh. Buat yang mau samapta, silakan mencomot tips dan trik dari aku...


1. 3 Botol Minyak Tawon Akan Menyelamatkanmu

Thanks to pengusaha minyak tawon yang rela disengat demi anak samapta
(Padahal tawon kan menghasilkan madu, minyak cap tawon ini sih dari kelapa). Sungguh, minyak tawon ini sudah menjadi lotion dan parfum untuk siswa samapta. Minyak tawon ini bisa jadi substitusi bermacam obat.
  • Tak perlu Counter*pain untuk pegal, kram atau nyeri otot.
  • Tak perlu lotion pengusir nyamuk saat malam-malam panjang tidur di kuburan. 
  • Tak perlu K*lp*n*x saat air-air itu pecah di kakimu, karena long march akan membuatmu kapalan lalu berisi air.
  • Tak perlu selimut tebal saat harus tidur di aspal, minyak ini berfungsi menghangatkan.
  • Pengalaman pribadi: Lutut berdarah dan basah (karena diceburin terus di kolam sukun saat Minggar) seketika kering setelah digosok minyak tawon. Pakai Beta*dine lama banget keringnya.
Sepulang samapta, minyak ini jadi obat wajib yang ada di kotak P3K.
DILARANG!! Mengoles minyak tawon untuk membersihkan senjata!


Minyak Tawon Samapta
Thanks to PT. Tawon Jaya Makassar

2. Berkunjunglah ke Poliklinik Kantor

Belanja obat-obatan itu ternyata mahal. Dari minyak tawon, plester, vitamin, penambah darah, obat pegal, obat batuk, pengusir nyamuk, anti jamur, anti cacing, dll. Saya habis kurang lebih 300k hanya untuk obat-obatan. Ada baiknya mengikuti yang dilakukan teman saya. Dia pergi ke poliklinik di kantornya dan bilang "Minta seperangkat alat samapta donk!". Yupz, ini menghemat budget anda ratusan ribu.
Menghemat anggaran pun bisa dilakukan dengan meminjam kaos ke teman yang telah lebih dulu Samapta. (2 kaos tak akan cukup, 2 anak mah program KB)
DILARANG!! Tidak membeli obat-obatan! Siapa sih yang bakal sehat terus. Simak Tips Hidup Sehat yang Jarang Diketahui.


3. Cari Tempat Persembunyian

Saat minggar (Minggu Penyegaran di minggu pertama Samapta) karena masih dilarang masuk barak, Sembunyikan dulu barang-barang yang kamu anggap urgent untuk seminggu.
*note: Ini hanya berlaku di Pusdik BC Rawamangun
DILARANG!! Menyembunyikan decker lutut di balik celana anda! Curang itu namanya, dan pelatih bakal tahu.


4. Siapkan Nafsu Makanmu Saat Makan Komando

Saat suara tembakan memecah makan siang, itu tandanya makan komando dimulai. Ketika nasi, puding, capcay, pisang, tempura, telur, bihun milik teman sekelasmu dicampur dalam wadah besar. Yyyuck, pasti akan ada 1, 2, 3, 4, yaa beberapa lah temanmu yang curang hanya makan sedikit saja, ada yang muntah atau paling ringan tersedak.
So, ambillah satu atau dua jenis makanan saja, kalau kamu makan semuanya ada kemungkinan kamu muntah dan lebih cepat berhenti. Misal, kamu makan semua puding, temanmu makan semua pisang, yang lain makan semua wortel, yang jelas jangan dicampur. 
DILARANG!! Pura-pura makan atau muntah hanya karena jijik! Ini samapta tujuannya melatih kekompakkan, kalau kamu sengaja curang dengan nggak mau makan, kamu gagal samapta namanya. Kalau emang sekiranya punya penyakit menular, bilang dulu ke pelatih.


Makan Komando Samapta
Makan Komando

5. Jaga Amanah yang Ringan daripada Memikul yang Berat

"Hal yang paling berat adalah memikul amanah" -Imam Al Ghazali
Atribut yang dipakai selama samapta adalah amanah yang berat. Seragam+kopel yang bikin gerah, veldples seberat 1 kg, sepatu PDL seberat 1 kg, senjata seberat 4 kg, ransel seberat 5 kg untuk cowok dan 3 kg untuk cewek. Yups, amanah yang berat. Tapi, kalau kamu lengah, ketinggalan atau hilang, kamu malah akan diberi amanah yang lebih berat. Nggak mau kan:
  • Topi diganti kaleng cat untuk menghias kepala.
  • Ransel diganti karung yang bisa menampung beras 10 kg.
  • Veldples kosong diganti jerigen minyak 3 liter.
  • Pasangan kita (read: senjata) diganti pohon palem atau bambu 3m.
DILARANG!! Nitip senjata di hadapan pelatih! Pelatih kan suka usil nyembunyiin. Ampun pelatih!


6. Be ready for stelling!!

Samapta akan membentuk kamu jadi pribadi yang SIAGA, dengan apa? STELLING. Istirahatlah dengan kaos+celana PDL+kaus kaki dan siapkan pakaian lengkap di samping velbed. Ketika ada tembakan dan jeritan para cewek, itu saatnya bersiap pakai pakaian lengkap dan jangan panik.
Saat malam hari DILARANG!! Bongkar pasang senjata, kelamaan di kamar mandi, dan maskeran.

7. It's Always be Reward n Punishment

Selain di tempat kerja, Reward n Punishment ini juga selalu ada di samapta. Kalau tiba-tiba disuruh lari sendirian terus nyebur kolam, mungkin anda akan mendapat kejutan ulang tahun (Yeah, orang Pusdik kan nyimpen data kamu). Pelatih akan mencari alasan untuk memberi hukuman. Ini mendidik nilai KESEMPURNAAN, karena radar pelatih dapat menangkap nila setitik dan semua bakal menanggungnya. Jadi, nikmatin aja. Kalau nggak ada hukuman, apa yang mau dijadiin cerita atuh?
DILARANG!! Mengeluh!


8. Tidurlah dengan Siaga

Malam hari adalah waktu tidur terlama dan terbaik.
Saat senam senjata pagi setelah sit up adalah waktu tidur tersingkat dan ternikmat.
Saat istirahat siang dan saat nungguin semua orang beres guling bisa dimanfaatkan tidur juga.
Tapi tetap tidur dengan siaga, ketika ada bunyi peluit ya nyawanya harus udah kembali.
DILARANG!! Tidur saat pelatih ngasih materi! Kecuali dengan satu mata terbuka.


Tidur Siang Saat Samapta
Karena Obat Ngantuk Adalah Tidur

9. Fotografer Pertanda Bahaya

Kedatangan fotografer itu semacam sinyal bahwa akan ada hal menyenangkan hari itu. Jadi kalau pagi-pagi udah ada fotografer, berarti siangnya kamu bakal ditembak. Mau donk ditembak kamuuu... Ditembakin saat makan komando, stelling atau ada hukuman.
DILARANG!! Ngecek Path-nya Pak Fotografer dia lagi ada dimana!


10. Sunblock Does Work

Saya nggak pakai sayangnya. Tapi kalau hasil akhir kulitmu nggak mau terlalu gosong, sempatkanlah memakai sunblock di sela istirahat. Biasaya kalau ada yang terlihat gosong di kantor, pasti semua langsung bisa nebak "Baru samapta yaaa?"
NGGAK PERLU!! Memakai sunblock dipagi hari! Karena bakal luntur saat nyebur ke kolam.
Jadi Hitam Saat Samapta Sudah Biasa
Sunblock, Does mmmm Not Work

11. Ada Kesempatan Minum? Minumlah!

Ya, kegiatan samapta memang berat, dijemur di lapangan tengah hari saat matahari tepat di atas kepala tentunya bisa menguapkan cairan tubuh kita dalam sesaat. Pas waktu aku samapta, banyak banget yang pingsan di tengah hari begini. Dan salah seorang kawan meninggal saat samapta juga karena dehidrasi. Tapi, pelatih selalu memberikan kesempatan minum koq. Saat itu, minumlah! Saat makan dikasih garam, nikmatilah! Karena kita juga kehilangan banyak garam saat berkeringat. Saat kita bosan dan eneg dengan makanan sehat, kunyah aja! Karena setelah samapta kita bakal melihat gimana hasilnya.
DILARANG! Ngambil minum di saat orang lagi pada posisi push up (Hihi, ada nih yang begini, dan menyebalkan banget).

12. Jangan Hamil Pas Samapta

Sounds not so important! Siapa juga sih yang bakal hamil pas samapta? Buktinya aku, gagal dan dipulangkan setelah 2 minggu samapta. Jadi tips ini cuma iseng-iseng aja, karena yang nulisnya juga belum lulus samapta.


Harus Ngulang
Kata orang "Samapta indah untuk dikenang, bukan untuk diulang"
Saya bilang "Samapta indah untuk dikenang dan harus siap ngulang"
Hihihi.. Sekian tips iseng dari saya. Selamat Samaptaaaaaaaaa!!

6 komentar:

  1. Jadi baru tahu hamil pas samapta gitu? Terus disuruh pulang?
    Jadi udah lulus samapta atau belum?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, udah 2 minggu samapta terus disuruh pulang dan nunggu dipanggil lagi buat samapta. Semoga pihak kepegawaiannya lupa, hihi...

      Hapus
  2. Samspta.hanya untuk bea cukai rawa.mangun berarti yg jakarta.D1 ga ada.samapta.ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang D1 juga ada samapta koq,ada yang di Rawamangun, ada yang di daerah juga di BDK lain..

      Hapus
  3. ini masuk program d1 atau d3?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini program setelah masuk instansi bea cukai, untuk D1, D3, dan S1..

      Hapus

Terima kasih Sudah Berkunjung. Silakan Tinggalkan Jejak, dan Beri Masukan Untuk Kemajuan :)

Google+ Followers