Yeaay!! Sukses Bikin Cabe Giling Tahan Lama

Sukses Bikin Cabe Giling Tahan Lama

Postingan ini berawal dari kecintaan suami akan masakan nusantara yang susah lepas dari citarasa daerah asalnya, Minang. Pas pulang lebaran kemarin rasanya lidah dimanjain banget sama masakan ibu mertua. Dari mulai maco baledang, gulai otak, sambalado tanak telur puyuh, dan rendang yang bikin aku juga nambah 2x. Pas dilihat-lihat koq kebanyakan bumbunya pakai cabai ya? Ternyata emang ibu mertua punya stok cabai giling (orang Minang menyebutnya cabai tumbuak) sampai 2 kg.

Pas pulang ke rumah, aku yang asalnya malas masak, jadi masak tiap hari. Tapi, problematika ibu bekerja ketika mengerjakan pekerjaan rumah ya waktu yang mepet. Akhirnya untuk masak, aku pakai trik-trik untuk mempersingkat waktu. Dari mulai membuat menu bulanan (biar nggak bingung nanti mau masak apa), menata bumbu dan rempah (biar nggak buang waktu nyari bumbu dimana), dan bikin bumbu instan. Bumbu instan ini aku bikin sendiri, soalnya ngeliat penggilingan di pasar rasanya agak gimana gitu.

Nah, masalahnya ketika membuat cabai giling, enaknya bikin banyak dan bisa tahan sampai sebulan. Cuma, cabai itu rentan banget asam dan busuk. So, ini cara aku yang akhirnya sukses bikin cabai giling yang awet sampai sebulan dan tahan lama.
  • Lepaskai tangkai cabainya.
  • Cuci bersih, lalu keringkan.
  • Rajang jadi 3 bagian.
  • Blender dengan minyak dan garam secukupnya.
Cara Membuat Cabe Giling Tahan Lama

Easy, right??
Jadi intinya yang bikin cabe giling tahan lama itu adalah garam dan minyak. Udah tahu kan kalau garam itu bahan pengawet alami? Udah tahu juga kan kalau rendang bisa tahan lama juga karena minyak dari santannya itu banyak banget?? Yes, itu sih rahasianya.

Setelah itu, tinggal disimpan di tempat yang rapat di dalam kulkas. Cara ini juga berlaku untuk bawang giling instan biar masak lebih cepat dan gampang.

So, here it is...
Cabai giling instan yang tahan lama bersanding dengan bawang giling yang udah 2 minggu ada di kulkas.


Cabai GilingCabai Giling dan Bawang Giling Tahan Lama

Demi dapur yang tetap ngebul setiap aku pulang kerja, hahaha..

4 komentar:

  1. noteddd! aq dulu bikin bumbu cabe dan bawang cuma tahan bentar doang....

    yg skrg aq masih penasaran adl kalau bikin sambel lebih awet kan di kulkas tuh, nah pas mau makan biar gak beku apa perlu di tim dulu ya mba? pernah punya pengalaman itu gak?

    BalasHapus
  2. Saya simpan cabai gilingnya di kulkas bawah, bukan freezer, jadi nggak beku. Kalaupun beku, bisa langsung digunakan koq.. Cuma uapnya itu yang pedes di hidung..

    BalasHapus
  3. Perlu ditumis dulu atau langsung masuk aja mb setelah diblender? Makasih banyak yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Langsung disimpan di toples tertutup dan masuk kulkas saja, tanpa perlu ditumis lagi.. :)

      Hapus

Terima kasih Sudah Berkunjung. Silakan Tinggalkan Jejak, dan Beri Masukan Untuk Kemajuan :)

Google+ Followers