Review Antamgold: Menjawab Keraguan Akan Investasi Emas

Saya akan sedikit mereview Antamgold. Berawal dari teman saya yang bilang kalau saya begitu ceroboh 'Mau-maunya nyimpan uang di situs online! Kalau penipuan gimana?'. Dengan polosnya saya akan bilang "Ya, berarti aku bakal jadi orang yang tertipu Antamgold pertama kali" Ya, saya nyimpen uang saya dalam bentuk emas di Antamgold (Asli, saya bukan utusan perusahaan). Keputusan sulit memang, ketika anda harus memindahkan tabungan anda ke account yang belum anda ketahui track recordnya. But, I'm not that stupid. Ini alasan logis saya mau-maunya investasi emas di situs online.

Kenapa Harus Investasi?

Masa depan adalah sesuatu yang tidak dapat diramal. Kesehatan keluarga dan harga bawang sama-sama tidak dapat dipastikan di masa depan. Makanya, kekuatan ekonomi harus direncanakan dari sekarang.

- Jaga-Jaga Untuk Masa Depan

Akan ada suatu masa di mana saya benar-benar butuh uang dalam jumlah besar. Mungkin beli rumah, menyekolahkan anak, tiba-tiba masuk Rumah Sakit (Amit-amiiit, jangan sampe Ya Allah). Makanya butuh ada dana cadangan yang cukup besar. Durian runtuh itu rasanya mimpi deh, jadi mending dicicil dari sekarang. Menabung juga oke sih, tapiiiii...


- Nilai Uang Melemah

Udah tahu lah ya kalau nilai uang itu makin lama makin turun. Kenaikan BBM, kenaikan harga sembako, inflasi dan efek domino lainnya memperlemah nilai uang. Kamu tak bisa lagi membeli gorengan dengan uang 500-mu, bahkan pengemis pun sudah tak butuh itu. Makanya investasi ini dilakukan untuk mengejar ketertinggalan nilai uang. Sayang kan kalau tabungan kita misalnya ada Rp. 100 juta tapi di 10 tahun mendatang hanya bisa beli sepeda motor. Contohnya nilai Dollar Zimbabwe yang lemah banget.
Mau Beli Mobil, gambar dari sini
Ada beberapa jenis investasi, dari mulai investasi properti, deposito, saham, emas, dan investasi anak shaleh juga wajib ya..hehe..
Nah, saya sendiri memilih investasi emas.

Kenapa Harus Investasi Emas?

- Nggak Ada Unsur Riba

Aduh saya mah takut kalau jadi orang kaya tapi ada bagian yang nggak halalnya, jadi saya menghindari saham atau deposito. Karena setahu saya, kita boleh menyimpan emas, asal kalau udah nishab dan haul harus dizakati.

- Harga Terjangkau

Da aku mah apa atuh, rumah sendiri aja belum punya apalagi mau investasi properti. Karena investasi properti butuh modal besar, jadi saya pilih yang bisa dibeli dengan harga standar. Daripada dipakai ke salon, mending perawatan di rumah aja, dan uang sekitar 600ribu dibelikan emas.

- Ngikutin Jejak Nenek

Jaman nenek saya masih muda, jaman harga emas masih Rp. 2500,- nenek udah nabung perhiasan, sekarang kalau emas itu dijual, udah ratusan kali lipat. Sebagai cucu yang baik, saya nurut deh sama nenek. Dan emas ini juga yang menyelamatkan kuliah mama dan tante-tante saya. Hal tradisional seperti ini masih relevan koq, dan menurut saya nenek saya pinter juga ya.

- Harga Stabil dan Tanpa Depresiasi

Beli mobil secanggih apapun, kalau dijual nggak mungkin lebih tinggi. Tapi beli emas sekecil apapun, pasti dapat untung.
"Nggak ada yang namanya emas bekas, mobil bekas? Banyak.." -Annisa
Harganya juga relatif mengikuti inflasi dan permintaan pasar.

- Likuidasi Gampang n Cepat

Kalau benar-benar kepepet, emas yang kita punya bisa dijual. Ke Pegadaian bisa, balikin ke toko emas juga boleh (palingan dipotong 5ribu/gr, still worth lah), jual ke orang lain juga lebih bagus.

- Nyaris Tanpa Resiko

Dengan menyimpan uang dalam bentuk emas, kita bisa beli dan jual semau kita. Beli di harga rendah dan jual di harga tinggi. Coba bandingkan dengan saham, seringkali MI nggak mau tahu kalau perkiraan mereka meleset dan ujung-ujungnya kita rugi. Resiko pasti ada, entah hilang atau dicuri.
Naaah, karena saya takut emasnya hilang, saya akhirnya kepikiran Googling bank emas, dan pilihan jatuh ke Antamgold.

Kenapa Harus Investasi Emasnya di Antamgold?

- Aman

Antamgold menjawab ketakutan saya kalau emas hilang. Antamgold bisa menyimpan emas kita dalam jangka waktu lama. Kalau jadi Gold member ada asuransi gitu deh..


- Harga Lebih Murah

Setelah banding-banding harga dengan harga LM Antam yang lainnya (online shop, orang jual BU, Antam.com) harga LM di Antamgold lebih murah. Harga yang tertera belum termasuk sertifikat sih, tapi ketika saya hitung-hitung tetap lebih murah di Antamgold. Apalagi kalau jadi Gold Membernya, harga jual lebih murah dan buyback price nya lebih tinggi, ongkos cetak sertifikat juga lebih murah.

Investasi Bank Emas Antamgold
Perbandingan Harga LM per 25 Agustus 2015

- Jual dengan Untung Lebih Tinggi

Dari perbandingan harga di atas bisa dilihat perbedaan harga jual dan buyback price, selisih di Antamgold palingan Rp. 3.000,-. Atau bisa aja kan kita beli di Antamgold terus dijual ke orang lain dengan harga ngikutin harga tertinggi di online shop.

- Ada Pool Account Gratis

Kalau aja gaji saya bisa langsung masuk Pool account-nya Antamgold. Hmmm... Nyimpan uang di bank pasti ada administrasi bulanannya, di Antamgold mah nggak ada potongan-potongan begitu. Antamgold ini punya Pool account semacam brankas pribadi yang menunjukan kekayaan kita ada berapa (berapa uangnya, berapa emas atau peraknya), kalau udah ada uang di account kita, kita bisa beli emas, uang berkurang dan emas bertambah.


https://www.antamgold.com/?referer=28250


Kalau anda berminat investasi emas, atau lagi nyari bank emas, mending Antamgold aja. Bisa daftar di sini. Nggak promosi, cuma mau bantu ngamanin aset dan ngalahin kenaikan harga cabai aja..hihi..
Dan jangan lupa, kalau udah setahun punya emas mencapai nishab, jangan lupa dizakati, biar berkah dan ditambah lagi rezekinya.. :)

Jika ada pertanyaan atau masih ragu soal investasi emas online ini, bisa bertanya di kolom komentar. Akan saya jawab sejujur mungkin berdasarkan pengalaman saya..

*Update
Pengambilan di Antamgold bulan Oktober 2015


Review Antamgold: Menjawab Keraguan Akan Investasi Emas

Akhirnya saya jadi yakin kalau Antamgold bukan penipuan..hehe

63 komentar:

  1. Kita pegang fisik emasnya ga mba?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, postingan ini belum aku update setelah ambil emas fisiknya.. Harusnya dikasih gambar emasnya ya biar pada gak ragu walaupun belinya online..

      Hapus
    2. salam kenal mbak, saya tertarik juga mau investasi emas di antamgold...ada no wa mbak, untuk info lebih lanjut?thx before

      Hapus
    3. Salam kenal juga, makasih sudah mampir..
      Bisa chat saya via Instagram saja..

      Hapus
  2. terima kasih udah ngeshare, jadi nggak ragu mau invest di antamgold. sebelumnya beneran ragu, takut penipuan.. pas mau register jadi googling2 dulu... jazakakallah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sama2, banyak yang nyari tau kalau Antamgold itu penipuan atau bukan, sebelum saya nyobain juga saya nyari tau dulu.. Tapi skrg malah ketagihan jual beli di Antamgold

      Hapus
  3. Tks mba Annisa. Memang benar dari sisi harga, jual beli LM di Antamgold praktis lebih menguntungkan karena selisih harga jual dan harga beli relatif kecil. Namun bagaimana mbak Annisa bisa memastikan bahwa membeli dan menitip emas disitu aman, mengingat perusahaan tersebut bukan perusahaan pemerintah, siapa yang menjamin? Kalau toh ada asuransi, apakah coveragenya sebesar nilai titipan kita?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya bisa menuliskan bahwa Antamgold aman hanya karena saya nggak menemukan data bahwa Antamgold pernah melakukan hal buruk sebelumnya. Selama ini saya juga melakukan jual beli, tarik barang memang asli Antam, tarik uang tanpa ada masalah, dan memang sudah ada sejak 2008, makanya saya mau merekomendasikan. Setahu saya kalau menjadi Gold Member ada biaya asuransi sampai 50 juta. Tapi, kembali lagi pada pilihan pribadi tentang investasi, kalau saya memang tidak menginvestasikan terlalu besar di Antamgold.

      Hapus
  4. menarik reviewnya, sy mau tnya mbak.. pernah gk beli (& tarik) dr antamgold trus mbak jual ke pegadaian atau ke pt.antam bbrp thn brikutnya, apkh buybacknya ssuai dg nilai buyback saat itu? thn sertifikatnya apkh brpengaruh thd nilai jual? tks before

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau dijual ke Antam pusat yg di Pulogadung dibeli dengan harga buyback hari itu koq, nggak pernah nyoba sih, cuma dulu pernah tanya2 ke Antam pusat, soalnya mesti datang ke gedungnya.

      Hapus
  5. Assalamualaikum mba, terimakasih informasinya
    selkaligus mau tanya nih, pengambilan emas fisiknya itu bagaimana mekanismenya? antamgold nya bisa delivery?

    BalasHapus
  6. Pengambilan emas fisiknya bisa melalui toko rekanan, saya ambil di Lucky Jewellery yang ada di Tangcity karena memang saya tinggal di Tangerang, atau ngambil langsung ke kantornya yg di Daan Mogot, setahu saya belum ada delivery..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya lihat ada di Tokopedia mbak bisa delivery. Tapi ngak tau itu sama atau tidak. dengan Antamgold yang mbak maksud.

      Hapus
    2. Oh iya, Antamgold juga jual via Toped, pakai JNE YES.. Itu valid koq, tapi saya belum pernah nyoba..

      Hapus
  7. mau tanya mbak...
    apakah mbak sering mengalami masalah saat penjualan via pool account?.. entah website sedang bermasalah atau lagi maintenance dan sejenisnya... terima kasih

    BalasHapus
  8. Pernah, pas masuk website nya tiba2 nggak bisa. Pernah juga pas mau beli perak nggak bisa karena stok nya habis. Atau pas mau jual/beli emas tiba2 gagal gara2 kelamaan proses, jd kena pergantian harga. Paling itu aja sih kendalanya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. ...hehehe iya iya itu maksudku mbak, sebelumnya aku jg daftar di pool acc lain tapi tiap kali mau transaksi jual susah padahal utk transaksi yg lain tidak ada masalah. kalau boleh tau harga member hari ini di situ u/ LM berapa per gramnya mbak?

      Hapus
    2. Kendala kayak gitu jarang terjadi sih, harga hari ini untuk gold member 566.000, lagi naik setelah reshuffle menteri kemarin..

      Hapus
    3. ...ok ok mbak nisa, trims infonya yoo..

      Hapus
  9. Mbak Annisa ikut yang Gold atau Basic member? btw bisa dipercaya kan ya, saya mau daftar juga

    BalasHapus
  10. Saya ikut Gold Member, soalnya 300.000 setahun, tapi untungnya 1jt sebulan, worth banget lah.. Daftar pakai link di atas donk, biar saya dapat royalti juga..hehe..

    BalasHapus
  11. Jadi worth ya mbak ikut Gold Member? btw itu maksudnya untungnya 1 jt sebulan apa tuh? hehehe

    BalasHapus
  12. Worth lah, harga perolehan lebih rendah dan untung lebih gede. Ya, saya jual beli di Antamgold dapetnya sekitar 1jt tiap bulan

    BalasHapus
  13. Makasih mba review nya, dah lama nih perhatiin antamgold tp belum transaksi jg (selain msh liat2 review sekalian ngumpulin dana nya dulu hahaha)

    mau tanya ttg membership nih, apa worth kalo baru join dg nilai transaksi jg gak gede2 banget trus lgsg jadi gold member? trus itu iurannya tahunan khan ya? kalo someday mau jg basic member bisa gak apa udah permanen skali gold ya gold?

    trus itu mba bilang jual beli di antam gold bs keuntungan 1jt per bulan itu metode jual beli gimana? beli dari antamgold trus dijual ke org lain atau dijual lg ke antamgold? buyback nya khan lebih rendah dr harga jual tp kok bs untung lumayan?

    trus di antamgold khan pilihan jenis emasnya ada 3, mba pakai yg antam atau udah pernah coba semua? macemnya ubs atau king halim gitu. soalnya klo dr segi harga lebih murah.

    klo utk sertifikat emasnya pas pengambilan bayar berapa mba?

    maaf nih nanya nya borongan hahahaha. thx

    BalasHapus
  14. Salam kenal juga.. Kalau menurut saya tetap worth menjadi Gold Member, kalau memang jual belinya rutin. Suami saya juga gold member, pas awal transaksi untung 50rb'an dulu.

    Iuran nya per tahun, kalau tahun depan mau jadi basic member ya nggak usah diperpanjang.

    1jt/bulan itu jual beli di situs Antamgold sendiri koq, buyback nya selisih 3rb aja kalau gold member. Terkejar koq.

    Saya pernah nyoba LM antam, King Halim dan UBS, keuntungan tergantung kitanya sih.. Cuma yg king Halim dan UBS lebih fluktuatif.

    Sertifikat tergantung pecahannya yang berapa gram, yg jelas Gold Member lebih murah sertifikat nya..

    BalasHapus
  15. Wah inspiratif sekali mba artikelnya, kebetulan lagi kepengen investasi di emas & lagi cari-cari data tentang antamgold.com

    BalasHapus
  16. mba Annisa mau nanya, apa kalo kita jual lagi di Antamgold.com sama mudahnya seperti membelinya juga ? saya pernah beli LM fisik di suatu toko emas, begitu saya mau jual lagi, dia gak mau nerima, padahal jelas2 saya beli LMnya di toko dia....sharing dong pengalaman menjual kembali emas yang dibeli di antamgold.com. Trims sebelumnya

    BalasHapus
  17. Oh iya, semudah itu juga, sekiranya harganya udah naik bisa langsung jual..
    Saya juga rada kapok kalau megang emas fisiknya, resiko hilang dan harga jualnya nggak sefluktuatif di antamgold..

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh mudah yah untuk dijual lagi...sip kalo gitu. Nanya lagi mbak, kalo ingin ditarik fisiknya setelah lunas beli, gimana mbak caranya karena tempat tinggal saya di Bandung ?

      Hapus
  18. Setau saya kantor pusat dan toko rekanannya hanya ada di Jakarta dan Tangerang, jd kalau diluar itu kayaknya baru bisa online aja

    BalasHapus
  19. Wah bagus juga review nya mba. Jadi tertarik, hmmm...
    btw, kalo beli per gram per bulan, trus di bulan ke-10, kita tarik fisiknya jadi 10 gram apa bisa?

    BalasHapus
  20. Bisa, tapi ada biaya sertifikat, kalau gak salah yg 10 gram Rp. 120.000

    BalasHapus
  21. antam gold sekarang kok lama bnget ya konfirmasi topup,, dari hari jumat sampe sekarang belum ada tindak lanjut,, nomernya gak di angkat pula

    BalasHapus
  22. Dulu pernah juga kayak gitu punya mama saya, saya coba ngehubungi di Facebook, dan contact form di website-nya, akhirnya ditindaklanjuti via WhatsApp.. Coba aja lagi mas, mungkin lagi sibuk aja..

    BalasHapus
  23. Mbak itu anda keuntungan nya perbulan bisa dicairkan gak? dicairkannya ke rek sendiri pa bentuk emas? terus jika emas di ambil sertifikatnya asli dari antam persero?

    BalasHapus
  24. Bisa donk, kan sudah ngikut di saldo kita, jadi kalau mau tarik dana bisa include..
    Dicairkan ke rekening sendiri..
    Sertifikatnya asli Antam.

    BalasHapus
  25. halo, saya mahasiswi psikologi yang sedang mencari partisipan untuk diwawancara untuk kepentingan tugas kuliah, dimana saya mengambil topik mengenai investasi emas di Antamgold. Kalau boleh, bisa saya wawancara mba? jika bersedia, boleh saya minta contact person mba? boleh nomor telefon atau id line, terima kasih :)

    BalasHapus
  26. Silakan, dengan senang hati.. Kontak saya ada di About me..

    BalasHapus
    Balasan
    1. baik terima kasih atas kesediaannya Mba, saya akan hubungi lewat e-mail ya :)

      Hapus
  27. Halo mba Annisa, saya mau tanya. Mba udh berapa lama ya di AntamGold. Aku sempet ragu padahal udah join. Boleh chat via Line g?? Mohon bantuannya ya, mba Annisa. Terima kasih. Mohon kontak saya di Line darisdzakwanhoesien ya, mba. Aku tunggu.

    BalasHapus
  28. Hallo juga, saya udah setahun lebih di Antamgold. Bisa hubungi saya di About Me, kebetulan saya nggak menggunakan Line.

    BalasHapus
  29. Betul antam gold dapat dipercaya... saya termasuk member gold antam gold... saya barusan transaksi 4hari kemarin LM 125gram... hari ini LM Antam sudah naik... hehehe... dalam 2 hari LM sudah dikirim plus cetak sertipikatnya... jadi jangan ragu-ragu investasi LM di antam gold...

    BalasHapus
  30. Wah, banyak banget sampe 125gram, lumayan tuh keuntungannya. Iya nih abis ada pemilu AS harga emas langsung naik pesat.

    BalasHapus
  31. Iya... ini baru coba-coba main di antam gold, awal-awal juga takut blog yg ga bener... akhirnya kejawab tidak ini memang antam gold real bussiness... investasi emas setelah lihat perkembangan LM makin pesat... kl pegadaian malahan dari 1 tahun lalu mbak annisa, saya inveskan ke LM 1 kiloan... total LM sdh 1 kilo lbh... hehehe... senang ada blog ini jadi bisa saling berbagi informasi...

    BalasHapus
  32. Wah asyik banget ya, saya juga milih bisnis di emas aja karena lebih safe untuk jangka panjang..
    Senang juga kalau blog ini bisa jd sumber informasi

    BalasHapus
  33. kalo beli satu gram tiap bulan kena biaya sertifikat berapa mba utk per gram nya? aku mau ikut daftar basic dulu, topup nya lewat bank ya? uangnya ga ada minimalnya kan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biaya sertifikat LM Antam untuk Basic member:
      Pecahan 500gr. Rp435.500,- / piece
      Pecahan 250gr. Rp445.500,- / piece
      Pecahan 100gr. Rp305.000,- / piece
      Pecahan 50gr. Rp450.000,- / piece
      Pecahan 25gr. Rp300.000,- / piece
      Pecahan 10gr. Rp230.000,- / piece
      Pecahan 5gr. Rp150.000,- / piece
      Pecahan 4gr. Rp115.000,- / piece
      Pecahan 3gr. Rp115.000,- / piece
      Pecahan 2.5gr. Rp115.000,- / piece
      Pecahan 2gr. Rp115.000,- / piece
      Pecahan 1gr. Rp115.000,- / piece

      Top up nya bisa lewat transfer bank, nggak ada minimalnya koq..

      Hapus
  34. malam mbak, mau tanya tau soal pool account antam?.. itu caranya seperti apa?... aman tidak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pool account di Antamgold itu seperti brankas tempat kita menyimpan uang dan emas. Ketika kita top up dana, maka uang akan bertambah. Ketika beli emas, maka uang berkurang dan emas bertambah. Caranya bisa langsung di website Antamgold nya. Selama ini sih saya aman..

      Hapus
  35. Thanks mbak, artikel nya menarik.
    Saya jg baru mw mulai investasi emas di antamgold. Sya mw nanya mba, klo kita beli fisik emas nya, harus ngambil di toko rekanan ya utk wilayah jakarta?
    Sekalian minta saran lbh aman kita dtg lgsunh ke toko rekanan atau via kurir nya?

    Trus satu lg, klo kita beli fisik trs mw kita jual lg ke antam, harus dtg ke toko rekanan, atau ke kantor pusat antam nya lg mba?

    Mohon maaf byk nanya, krn bru mw mulai nabung emas. Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau penarikan barang bisa diambil di toko rekanan atau melalui jasa RPX, tapi kayaknya ongkirnya rada mahal.. Saya sih biasanya ambil di toko rekanan dekat rumah..

      Kalau untuk jual mending ke teman kita dengan harga pasaran, kalau ke Antam nya selain ngantri harganya juga harga buyback.. Toko rekanan itu kayak toko emas biasa, harga jualnya harga buyback antam dikurangi lagi biasanya.. CMIIW, beljm pernah jual ke toko soalnya, biasanya jual ke teman..

      Hapus
    2. Gitu ya, thanks bgt infonya.
      O iya minta saran, bwt konfirmasi topup dana bagusnya via apa ya mba?
      Sya kmrn topup, udh coba konfirmasi via email, lama bgt respon nya. Via telfon gak diangkat2, malah pernah dimatiin lgsung. Via whatsapp jg udh prnah, sama aja.

      Hapus
    3. Saya pernah ngalamin juga seperti itu, akhirnya bisa ditelepon. Biasanya awal-awal libur. Coba aja terus..

      Hapus
  36. mbak, boleh minta no wa untuk tanya2?tertarik untuk gabung nih ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Via instagram aja ya, nggak enak share nomor di blog..

      Hapus
  37. masih aktif d indogold mbak?
    karena antamgold sekarang sudah ganti indogold
    masih recommended kah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih koq, selama ini nggak ada masalah apa2 dengan pergantian nama. Saya belum update blog ini aja, hehe..

      Hapus
  38. halo mbak, saya rizky, salam kenal. saya tertarik nih dengan investasi emas, kalo mau tanya2 bisa via apa ya? terimakasih

    BalasHapus
  39. apakah bisa misalnya beli emas di indogold namun tidak menarik barangnya secara fisik, setelah beberapa waktu menjual emas tersebut secara online di indogold juga? dan dana hasil jual tersebut bisa di cairin ke rekening bank kita?

    istilahnya trading emas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya seperti itu sistem kerjanya.. Jual beli emas, deposit dan tarik uang..

      Hapus
  40. Mbak apa pernah compare antara pool account di antamgold (indogold) dgn di goldgram? Apa kelebihan antamgold? Karena secara sekilas harganya lebih menarik di antam gold? Mohon pencerahan ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya baru lihat-lihat GoldGram, malah harganya jauh lebih murah di GG, cuma saya belum pernah mencoba dan mencari tahu track record nya..

      Hapus
  41. Ingin nabung emas sistem cicilan , jual emasnya atau ambil emas fisiknya ?
    Ada emas gratis senilai Rp50.000 untukmu! Daftar di aplikasi e-mas & gunakan kode referral D6LER618. https://e-mas.com/daftar?ref_code=D6LER618

    BalasHapus

Terima kasih Sudah Berkunjung. Silakan Tinggalkan Jejak, dan Beri Masukan Untuk Kemajuan :)

Google+ Followers