Membenahi Wajah Pasca Lahiran Tanpa Keluar Rumah

"Wajahku duluuu tak begini, tapi kini kusam sekali.."
Saya kenal dengan namanya perawatan wajah mulai jaman SMP, wajah saya tak pernah jerawatan. Pun kalau ada hanya satu dan itu pun tidak meninggalkan bekas. Tapi itu hanya sampai awal-awal nikah. Sebelum nikah itu si ayank yang banyak jerawatnya, wajahku terbilang bersih lah. Eeeh, pas udah nikah, jerawat itu berpindah dari si ayank ke wajah saya. Banyak yang bilang itu karena pubernya si ayank udah lepas dan saya pubernya baru pas nikah..hahaha..

Wajah ini diperparah dengan pendidikan semi militer saat samapta. Hasilnya, wajah kusam, kering tapi berjerawat. Sunblock does not work at all.
Dilanjut lagi dengan kehamilan yang merubah hormon, wajah makin nggak enak dilihat pas ngaca. Beruntunglah punya si ayank yang nggak berubah sedikit pun. Tetap cinta dan cemburuan.. Haha.. Suka kan dicemburuin? Ngaku deeeh..

Selama hamil rasanya malas banget deh buat ngolesin sesuatu ke wajah. Alhasil, sampai lahiran pun wajah tetap kering, kusam dan berjerawat. Kata orang jerawatan itu karena hormon hamil. But no, setelah melahirkan, jerawat itu masih ada, dan banyak bekasnya juga. Akhirnya saya kembali penuh semangat untuk membenahi wajah, walaupun udah jadi ibu, tapi wajah harus kelihatan muda donk. Saya lakukan perawatan di rumah aja kayak pas masih single. Helloooo, saya pernah single dan wajah ini pernah mulus doooonk.

Step 1. Usir Dulu Si Jerawat Bandel

  • Satu siung bawang putih untuk pagi dan sore ditumbuk, lalu cairannya dioleskan ke jerawat. Perih dan bau, tapi lihat muka jerawatan itu lebih perih, pilu rasanya.
  • Madu+kayu manis bubuk adalah komplotan pengusir jerawat, oleskan sebelum tidur dan diamkan sampai pagi. Gataaaaal banget, dan banyak yang menetes ke rambut. Untung saya tidurnya nggak kayak kuda.
Hasilnya: Dalam 3 minggu, jerawat jadi kering, muka agak bersih (warna tetap), pipi terasa kenyal.

Step 2. Bersihkan Kotoran yang Menyumbat Pori-pori

  • Pure Olive Oil dari Wardah, I love this. Saya oleskan ke seluruh wajah sambil dipijat ala facial, dilakukan sebelum tidur dan diamkan sampai pagi. Sungguh gatalnya minta ampun, tapi 15 menit kemudian saya tidur nyenyak. Pure Olive Oil dari Wardah ini sering saya pakai untuk rambut, jadi lip balm, menghilangkan kantung mata, dan mengusap perut yang gatal pas hamil.
  • Uap air teh, selain bikin relaks, wajah juga jadi berkeringat. Uapnya buat wajah, kalau udah dingin tehnya diminum deh.
Hasilnya: 2 minggu berikutnya wajah lebih kinclong, si ayank mengakui itu. Mata juga nggak berkantung walaupun kurang tidur habis lahiran.

Step 3. Suguhi Wajah Dengan Buah

Untuk maintenance wajah, tahap terakhir saya pakai ampas jus buah sebagai masker. Jusnya diminum, ampasnya buat muka, bekasampasnya dibuang ke tanah buat pupuk. Berhubung keburu balik ke kota rantauan, tahap ini cuma seminggu.
Hasilnya: Wajah lebih fresh.. dan manis rasa buah..haha narsis..

Inilah perbedaan wajah saya saat hamil 8 bulan dan saat bayi saya 2.5 bulan.
Tadaaaa..
Kiri: Hamil 8 bulan, Kanan: 2.5 bulan pasca lahiran
Ternyata, perawatan wajah di rumah bisa jadi opsi mudah untuk ibu yang baru melahirkan. Manfaatnya:
  • Nggak harus jalan jauh, apalagi ingat jahitan masih rapuh.
  • Nggak harus keluar rumah dan bawa bayi yang masih merah.
  • Mudah dan murah gratis karena cuti di rumah ortu.
  • Dari bahan alami dan nggak ada efek sampingnya.
  • Walaupun hasilnya nggak instant, tapi nggak ketergantungan.
Nggak ketergantungan? Karena walaupun setelah masuk kantor saya nggak pernah perawatan lagi, T.T, tapi wajah saya sekarang tetap seperti foto yang megang bayi.

8 komentar:

  1. Aaargh, tipsnya mantap banget, CATET! Makasih dah ikutan mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mantap dan ampuh, tapi skrg udah males lagi nempel2 begitu di muka..

      Hapus
  2. coba aja mbak pake JELLY GAMAT GOLD G sudah banyak ko testimoninya

    BalasHapus
  3. bawang putih banyak manfaatnya yah Mbak :)

    pori-pori saya juga membesar, kayaknya harus coba wardah pure olive oil nih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bikin jerawat hilang nggak berbekas, tapi sekarang males banget rasanya..huhu..

      Hapus
  4. mbak, artikelnya boleh saya share kah? soalny bagus bngt buat orang rumah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silakan, jangan lupa cantumkan sumber ya..

      Hapus
  5. wah boleh nih mbak tipsnya buat istri saya nanti... hehe..

    BalasHapus

Terima kasih Sudah Berkunjung. Silakan Tinggalkan Jejak, dan Beri Masukan Untuk Kemajuan :)

Google+ Followers