Pengobatan Alami Saat Si Bayi Kena Cacar

Minggu lalu Eiffel, si bayi mungil 15 bulan kena cacar. Awalnya karena ketularan sama 2 sepupuku yang masih bayi juga. Hari minggu pulang dari Bandung, masih nggak kenapa-kenapa. Selasa sore pas pulang kerja, mulailah terasa kalau badannya panas. Udah kuduga pasti bakal kena cacar karena ketularan. Dan benar saja, Rabu pagi muncul bintil-bintil merah di sekitar siku tangan Eiffel.

Karena badannya masih panas, aku berusaha meredakan dulu demamnya dengan menggosok badannya dengan bawang merah dan minyak telon. Akhirnya panasnya turun 2 hari kemudian, Eiffel mulai lincah lagi. Tapi cacarnya makin banyak dan berair.

Pengobatan Alami Saat Si Bayi Kena Cacar
Cacar hari ke-3
Hari ke-3 cacar di tubuh Eiffel makin banyak, pertama keluar di tangannya, hari ke-4 muncul di paha, pantat, dan kakinya.

Pengobatan yang aku lakukan saat cacarnya sudah muncul banyak adalah:
  1. Jangan dulu mandi. Eiffel nggak dimandiin dulu 5 hari, sampai cacarnya benar-benar kering.
  2. Harus kena air? Jangan lupa pakai Dettol. Di saat-saat seperti pipis atau cuci tangan Eiffel tetap kena air, tapi airnya udah dikasih Dettol sebelumnya, biar
  3. Mandi bedak!! Selain biar wangi juga biar cacarnya cepat kering. Lebih bagus lagi kalau bedaknya Caladine atau Salicyl, tapi aku pakai bedak bayi biasa.
  4. Aku percaya bahwa ASI is the best medication for baby, IMUN IS ASI. Eiffel emang nggak imunisasi, jika cacar ini karena alasan belum imunisasi, maka aku percaya obatnya adalah ASI. ASI dioleskan pada cacar-cacar yang matang. Dan keeseokan harinya cacarnya langsung kering.
  5. Acyclovir.  Selain ASI yang aku oleskan, ibu mertua ngasih tahu untuk mengoleskan Acyclovir pada cacar biar cepat kering. Ini juga membantu cacarnya cepat kering.
  6. Dan Alhamdulillah hari ke-6 cacarnya udah kering. Setelah kering dilulurin air cucian beras/air tajin.
Pengobatan Alami Saat Si Bayi Kena Cacar
Cacar hari ke-6
Air cucian beras ini fungsinya untuk menyamarkan bekas cacar yang sudah terkelupas. Untungnya lagi, kena cacar pas masih bayi kayaknya lebih baik daripada kena cacar kalau udah dewasa. Selain bekas cacarnya cepat hilang, juga si aanak nggak rewel dan masih tetap beraktifitas kayak biasa.
Pengobatan Alami Saat Si Bayi Kena Cacar
Bekas cacar Setelah 2 minggu
Kalau anak bayimu kena cacar, jangan khawatir, percayakan aja pada ASI dan air cucian beras. Pengobatan alami untuk cacar sangat bisa diandalkan koq. Yang penting ibunya jangan panik. Semoga cepat sembuh ya cacarnya. Kalau udah kena cacar sekali, Insya Allah nggak akan kena lagi.

2 komentar:

  1. Dulu waktu aku cacar aku inget banget di obatin sama jagung manis, atau jagung .. itu di kunyah dulu sama ibuku. terus di semburin haha.
    Kalau inget itu, aku jijik banget. Tapi alhamdulilah aku ga punya bekas cacar yang aneh aneh di muka. Hilang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya tahunya air jagung manisnya aja dilulurin ke kulit, tapi nggak pakai dikunyah dulu. Emang banyak banget sih obat cacar yang aneh-aneh, padahal mah bisa hilang sendiri setelahnya..
      Aku nih bekas cacar pas banget di hidung dan nggak hilang..

      Hapus

Terima kasih Sudah Berkunjung. Silakan Tinggalkan Jejak, dan Beri Masukan Untuk Kemajuan :)

Google+ Followers